Festival Budaya Tira Tangka Balang Untuk Mengangkat Budaya Lokal

Pj Bupati Murung Raya Hermon saat memukul gong tanda dimulainya festival budaya tira tangka balang, Kamis (2/5/2024) sore.(Media Dayak/Lulus Riadi)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

 Pemerintah Kabupaten Murung Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan festival budaya tira tangka balang tahun 2024.

Dalam Laporannya, Ketua panitia kegiatan yang juga kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Murung Raya Ferdinand Wijaya dalam laporannya menyebutkan peserta berjumlah 408 orang dari 10 kecamatan dan pelaksanaan lomba akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 2 sampai 4 Mei 2024.

“Juara 1,2, dan 3 akan mendapatkan uang pembinaan dan tropi  dari mereka ini juga nanti akan kita berangkatkan mewakili kabupaten mengikuti diikutkan festival isen mulang di Ibu Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah tanggal 17 – 18 Mei 2024,” sebut Ferdinand.

Sementara Pj Bupati Murung Raya Hermon secara resmi membuka kegiatan festival budaya tira tangka balang tahun 2024 yang ditandai dengan pemukulan gong di panggung utama alun – alun kota Puruk Cahu, Kamis (2/5/2024) sore.

Adapun lomba yang digelar dalam festival budaya ini adalah lomba karungut, lomba mangenta,lomba bagasing, lomba manyipet, lomba mangaruhi, lomba masakan tradisional kalteng,lomba vocal solo lagu daerah, lomba lawang sakepeng,lomba malamang, lomba balogo, lomba maneweng, manetek tuntang manyila kayu dan lomba tari pedalaman.

Dalam sambutannya Hermon mengatakan kegiatan festival budaya tira tangka balang merupakan kegiatan agenda tahunan yang diadakan oleh Pemerintah daerah Kabupaten Murung Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaga kelestarian budaya lokal serta ajang memperkenalkan kekhasan dan karakteristik nilai-nilai budaya daerah sesuai potensi pariwisata Kabupaten Murung Raya.

Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat budaya lokal, sebagai sarana promosi dan budaya, sebagai wadah seniman dan budayawan untuk dapat terus berinovasi, berkreasi, memperkenalkan kearifan budaya, serta menarik wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

“Kita bersyukur acara festival budaya tira tangka balang ini dapat kita tetap pelihara dan lestarikan sampai saat ini sehingga anak cucu kita sebagai generasi penerus nantinya tidak akan kehilangan jati diri untuk mempertunjukan berbagai  kesenian  yang dilakukan masyarakat Dayak Kabupaten Murung Raya secara turun temurun,” tutur Pj Bupati.(LLS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait