Empat Raperda DPRD Upaya Wujudkan Cita-cita UUD 1945

 
Wagub Kalteng Edy Pratowo saat sampaikan pidato Gubernur di gedung DPRD Provinsi Kalteng, Senin (22/4/2024).(Media Dayak/MMC)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menyampaikan pidato Gubernur Sugianto Sabran tentang pendapat kepala daerah terhadap empat raperda atau rancangan peraturan daerah yang berasal dari DPRD. 
 
Keempat rancangan peraturan daerah itu yakni pelaksanaan penghormatan. Kemudian perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. 
 
Selanjutnya, perlindungan dan pemberdayaan petani, nelayan, dan pembudi daya Ikan. perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Terakhir penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan.
 
Edy Pratowo mengatakan, Gubernur Sugianto Sabran melihat bahwa empat rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD, ini menunjukan upaya bersama dalam mewujudkan cita-cita dari Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.
 
“Empat raperda ini merupakan hal yang cukup penting untuk segera kita buat bersama untuk pembangunan Kalteng ini,” katanya, dalam rapat paripurna ke – 5 masa persidangan I tahun sidang 2024, di Kota Palangka Raya, Senin (22/4/2024). 
 
Edy Pratowo berharap, nantinya kebijakan dari empat tersebut dapat memberikan kepastian hukum bahkan menjadi solusi terhadap jaminan ketersediaan pangan bahkan kedaulatan pangan bagi masyarakat.
 
“Ini tentunya menjadi solusi terhadap permasalahan yang dialami pelaku usaha pertanian pangan di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila ini,” jelasnya. 
 
Edy Pratowo menyatakan Pemerintah Provinsi Kalteng menerima empat rancangan peraturan daerah yang berasal dari DPRD tersebut, untuk dibahas lebih lanjut. 
 
Edy Pratowo juga berharap, kerjasama semua pihak dalam pelaksanaan maupun pengawasan keempat rancangan peraturan daerah ini nantinya ketika telah menjadi peraturan daerah.
 
“Sehingga ada tolok ukur atau penilaian atas apa yang telah kita kerjakan dibandingkan dengan apa yang kita bersama cita-citakan dalam Perda tersebut,” tandasnya.(Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait