Dukung Food Estate Dengan Mengoptimalkan SMK Dan BLK

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Evi Kahayanti. (Media Dayak/Dok DPRD Kalteng)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Program food estate merupakan program pemerintah yang memiliki konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Program kebijakan ini masuk dalam salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024 yang salah satunya dikembangkan pemerintah di Kalteng.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut anggota DPRD Provinsi Kalteng Evi Kahayanti mendorong  pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah setempat, agar mendorong dan memberdayakan warga lokal di proyek food estate pemerintah pusat di wilayah ini.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan pemerintah daerah dalam memberdayakan warga lokal ialah dengan mengoptimalkan peran sekolah menengah kejuruan (SMK) dan Balai Latihan Kerja (BLK) dan sekolah,”  katanya, Selasa (21/6/2022)

Terlebih menurut Evi, tiap kabupaten/kota di Kalteng ada BLK dan SMK. Sehingga, tinggal bagaimana kedua hal tersebut bisa disinkronkan dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki skill.

“Tentu saja dengan adanya proyek food estate di wilayah ini, terkhusus di Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Gunung Mas, merupakan peluang usaha sekaligus lapangan kerja bagi masyarakat, terutama generasi muda kita,” ujarnya.

Anggota Komisi III bidang pendidikan dan kesehatan DPRD Kalteng ini, menilai peluang tersebut dapat dimanfaatkan dengan mengoptimalkan peras SMK negeri maupun swasta yang semakin banyak di provinsi ini.

“Pasalnya, di Kabupaten Kapuas, yang menjadi lokasi food estate, setidaknya ada tiga SMK Negeri, yakni SMK Negeri 5 Kuala Kapuas, SMK Negeri 1 Bataguh di Desa Bangun Harjo, dan SMK Negeri 2 Kuala Kapuas di Kelurahan Selat Dalam,” bebernya.

Nah para siswa SMK tersebut lanjutnya, alangkah baiknya mulai dipersiapkan sejak masih sekolah dengan lebih rutin memberikan praktek. Untuk peningkatannya, bisa dilanjutkan di BLK. Sehingga, ada kesinambungan dalam peningkatan SDM.

Pada lanjut anggota Fraksi PKB DPRD Kalteng ini pun menyarankan pemda, terkhusus pemerintah provinsi, agar lebih meningkatkan sarana dan prasarana praktek para siswa SMK, yang terdiri dari dari lahan tanaman pertanian, lahan praktek dan laboratorium.

“Hal tersebut untuk mempersiapkan lulusan SMK yang berkompetensi, khususnya dalam rangka menyambut program strategis nasional yakni Food Estate di Kalteng,” pungkasnya (Ytm/Lsn)

 

 
 
 
 
 
 
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.