DPS Pilkades Tumbang Lapan 552 Orang

Camat Rungan Hulu Jenggo (depan tiga dari kiri) bersama Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa Kecamatan  Rungan Hulu Tri Sutanto (belakang empat dari kiri) serta anggota panitia pemilihan lainnya. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Camat Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), melalui Kepala Seksi Pemerintahan dan Trantib Tri Sutanto mengatakan, Panitia Pemilihan Desa (PPD) Tumbang Lapan Kecamatan Rungan Hulu telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkades Tumbang Lapan.

Penetapan dilaksanakan Rabu (22/6) di Ruang Sekretariat Panitia Pemilihan Desa Tumbang Lapan, dihadiri Camat Rungan Hulu Jenggo selaku Ketua Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kecamatan, Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kecamatan Rungan Hulu Tri Sutanto serta anggota panitia pemilihan tingkat kecamatan dari unsur TNI/Polri.

“Hasil rapat menetapkan daftar pemilih sementara Pilkades Tumbang Lapan sebanyak 552 orang, terdiri dari laki-laki 286 orang dan perempuan 226 orang. DPS bersumber dari Data Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020,” ujar Tri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/6).

Lanjut dia, DPS selanjutnya diumumkan di papan pengumuman sekretariat dan diumumkan kepada masyarakat melalui Perangkat Desa dan Ketua RT, untuk diteliti, diverifikasi dan divalidasi sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Masyarakat diharapkan berperan aktif meneliti dan mencermati DPS Pilkades untuk selanjutnya melaporkan kepada Ketua RT atau Perangkat Desa masing-masing apabila ada data nama ganda, meninggal, pindah atau ada pemilih yang belum terdaftar dalam DPS, sehingga pemilih dapat mempergunakan hak pilihnya di hari pemungutan suara, terutama pemilih pemula (maksimal umur 17 tahun pada 10 Agustus 2022) dan warga yang baru pindah ke desa Tumbang Lapan 6 bulan terakhir,” jabar Tri.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Tumbang Lapan  Putu Krisyanto, membenarkan pelaksanaan Pilkades Desa Tumbang Lapan saat ini sudah mulai tahapan Penetapan dan pengumuman daftar pemilih sementara (DPS).

“Daftar pemilih sementara tersebut diumumkan di papan pengumuman agar dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Dengan demikian masyarakat yang belum terdaftar bisa segera melaporkan kepada panitia agar didata,” kata Putu.

Sementara Jenggo pada sambutannya menyampaikan DPS sudah diterbitkan. Dimohon kepada masyarakat harus aktif memeriksa, apakah namanya sudah tercantum atau belum. Jika belum segera melaporkan kepada panitia pemilihan Desa Tumbang Lapan. Harapan bersama, Pilkades Tumbang Lapan berjalan aman, tertib dan lancar. (Nov/Aw) 

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.