DP3APPKB dan Forum Puspa Provinsi Kalteng Terima Kunjungan Studi Tiru Forum Puspa Kabupaten Mura

Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalteng Linae Victoria Aden saat memberikan sambutan, Kamis (25/4/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalteng bersama Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kaliteng menerima Kunjungan Studi Tiru Forum Puspa Kabupaten Murung Raya (Mura), di Aula Bawi Bahalap Kantor Dinas P3APPKB Provinsi Kalteng, Kamis (25/4/2024).
 
Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalteng Linae Victoria Aden dalam sambutannya mengatakan Forum Puspa adalah wadah bagi lembaga masyarakat yang peduli perempuan dan anak, mitra bagi Pemerintah Daerah (Dinas PPPA), mendukung program PPPA, juga sebagai bridging antara pemerintah dan masyarakat, serta sarana untuk bersinergi.
 
“Dengan terbentuknya Forum Puspa Kabupaten Murung Raya maka dapat membantu Dinas dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, khususnya dalam 5 (lima) prioritas arahan Presiden,” ungkapnya.
 
Saat ini lanjutnya, yang menjadi isu di Provinsi Kalteng adalah Pencegahan Perkawinan Usia Anak dan Percepatan Penurunan Stunting. Selain Perkawinan Usia Anak, Stunting merupakan ancaman serius terhadap kemampuan daya saing bangsa. 
 
Kolaborasi kerja berbagai pihak menjadi kunci untuk memastikan konvergensi antar program hingga ke tingkat desa/kelurahan untuk menurunkan stunting. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi dan sinergisitas lintas sektor dengan berbagai program yang dapat menyentuh secara langsung pada kelompok sasaran, untuk mencapai target sasaran.
 
Lebih lanjut, Linae berharap agar Forum Puspa Kabupaten Murung Raya dapat berperan aktif dalam mengatasi permasalahan Stunting. Seperti diketahui, untuk Kabupaten Murung Raya kasus stunting tahun 2023 sudah mengalami penurunan, namun masih tetap harus berkomitmen dan berusaha agar prevalensi stunting di Murung Raya dan Kalteng dapat turun mencapai target, demikian juga untuk pencegahan Pernikahan Usia Anak. Selain itu, Forum Puspa Kabupaten Murung Raya juga diharapkan turut serta dalam mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak.
 
“Saya berharap kepada instansi terkait, dapat menindaklanjuti Pergub No 52 Tahun 2023 tentang Program Hapakat Usaha Bawi Lewu untuk dapat diimplementasikan bagi wirausaha perempuan pemula yang ada di Kabupaten Murung Raya. Sesuai dengan arahan Presiden, salah satunya meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan,” pungkas Linae.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait