Disbuparpor Akan Menertibkan Lapak UMKM di Sport Center

Sejumlah bangunan lapak yang digunakan pedagang untuk berjualan berbagai jenis makanan, minuman ringan dan pentol di sekitar kawasan Sport Center Kereng Humbang – Kasongan.(Media Dayak/Ist)
 
Kasongan, Media Dayak 
 
 Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpor) Kabupaten Katingan, Kalpin berjanji dalam waktu dekat ini akan menertibkan sejumlah lapak, tempat para pedagang/Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar kawasan Sport Center Kereng Humbang Kasongan. Janjinya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Rabu pagi (12/6/2024), di ruang kerjanya. 
 
Pasalnya menurutnya, tempat mereka mendagangkan makanan, minuman ringan dan  bakso yang sudah setahun lebih keberadaannya itu terlihat kumuh, tidak tertata rapi serta merusak pemandangan. Bahkan, yang ditempati para pedagang tersebut sebenarnya bukan untuk mereka, tapi untuk tempat bermainnya anak-anak. “Tapi, sekarang justru ditempati untuk berdagang,” kata Kalpin. 
 
Kenapa harus ditertibkan dan ditata sebaik mungkin ?. Karena menurutnya, kawasan Sport Center tersebut peruntukannya selain digunakan untuk masyarakat Katingan berolahraga berbagai jenis cabang olah raga (cabor) dan tempat permainan anak-anak, juga sebagai tempat wisata. “Baik sebagai tempat berolahraga, bermainnya anak-anak maupun sebagai tempat wisata, seyogyanya lah kawasan tersebut bebas dari sampah dan jika ada tempat masyarakat yang berdagang pun harus tertata rapi dan bersih,” ujarnya. 
 
Apalagi, dalam waktu dekat ini, kawasan Sport Center tersebut menurutnya, akan digelar Katingan Ekspo yang akan didirikan ratusan stand pameran pembangunan oleh puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, 13 Pemerintah Kecamatan, puluhan perusahaan swasta, yang bergerak di sektor pertanian, HPH pertambangan, Badan Usaha Milik. Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan berbagai jenis Perbankan. 
 
Sehubungan dengan itulah, mulai saat ini, lanjutnya, Disbudparpor melakukan berbagai pembenahan. “Pasalnya, waktu untuk menggelar Katingan Expo, pelaksanaannya bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Katingan ke 22, yaitu pada tanggal 20 Juli 2024 mendatang,” pungkas Kalpin yang juga sebagai staf akhli Bupati ini. (Kas/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait