Dinsos Gelar Pelepasan Purbabakti Kepala Dinas

Sekretaris Dinsos Arionson SPd, sejumlah kabid dan kasi serta puluhan stafnya saat membetikan.ucapsn selamat HUT ke 60 kepada kepala Dinsos setempat, yang merupakan rangkaian dari pelepasan purnabakti ,Selasa siang (30/4), di kantor Dinsos setempat.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Katingan gelar pelepasan purnabakti yang dirangkai dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 60 kepala Dinsos setempat Elmon Sianturi SH MH, yang dihadiri sekretarisnya Arionson SPd beserta jajarannya, Selasa siang (30/4) tadi, di kantor Dinsos setempat.

Kepala Dinsos Kabupaten Katingan, Elmon Sianturi SH MH dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya telah mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negera (ASN) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan ini selama 15 tahun. “Yaitu, sejak tahun 2009 hingga tahun 2024 ini,” kata Elmon. 

Awalnya ditugaskan di Dinas Tenaga Transmigrasi dan Tenaga Kerja. Kemudian, dimutasi sebagai kepala bagian (kabag) Hukum di Setda Katingan selama beberapa tahun. Dan beberapa tahun kemudian dimutasi lagi menjadi staf akhli, hingga menjadi kepala Dinas PM dan PTSP. Selang dua tahun kemudian, dimutasi lagi menjadi kepala Dinsos. “Setelah tiga tahun kemudian, saya pensiun di Dinsos pada hari ini,” terangnya. 

Terkait dengan pengalaman dan seluk beluk selama tiga tahun ditugaskan di Dinsos ini menurutnya, meskipun tugasnya sangat spesifik yaitu mengurusi atau memberikan penanganan kedaruratan berbagai bencana, yang bersifat sosial namun semuanya bisa ditangani dengan penuh kesabaran. “Karena, kita bekerja dengan penuh kebersamaan,” ujarnya. 

Pasalnya, dalam penanganan kedaruratan berbagai bencana dan sosial itu menurutnya ternyata menjadi seni yang sangat indah dilakukan, di mana kita selalu berhadapan dengan masyarakat dan berhadapan dengan kondisi alam serta penuh suka dan duka. “Meski demikian, namun kebersamaan selalu ada pada kita,” akunya. 

Sepeninggalnya, dirinya menitipkan pesan kepada sekretarisnya Arionson, sejumlah Kabid, kasi dan seluruh stafnya agar senantiasa membangun kebersamaan sesama pegawai di lingkungan Dinsos setempat dan selalu menjaga sikap yang sensitif, sehingga inovatif dan kecepatan kita berfikir dan menganalisa serta menangani sifat sosialnya dapat kita kerjakan dengan bersungguh-sungguh.

Karena pekerjaan di Dinsos ini, lanjutnya, bukan pekerjaan terstruktur, tapi lebih banyak yang sifatnya tidak pernah terduga dan tidak pernah diharapkan siapapun. Begitu pula, datangnya pun secara mendadak (tiba-tiba). Sehingga, kita harus dituntut secara cepat pula berfikir dan bertindak. “Jadi, untuk itu, semua teman-teman di Dinsos ini sepeninggal saya bisa membangun kekompakkan seperti biasa,” pesannya. (Kas/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait