Dinas Pertanian Panen Bersama Karang Taruna dan Warga Desa Liang Naga

PANEN PADI BERSAMA DI DESA LIANG NAGA-Dinas Pertanian Barito Utara bersama Karang Taruna Barito Utara, PT Hamparan Mulia dan warga masyarakat serta kelompok tani di Desa Liang Naga panen padi bersama varietas talun setia di Desa Liang Naga, Kamis (25/4/2024).(Media Dayak/ist)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara (Distan Barut), melaksanakan panen padi varietas talun setia bersama warga masyarakat Desa Liang Naga Kecamatan Teweh Baru, Kamis (25/4/2024).

 

Adapun padi yang dipanen merupakan varietas talun setia dengan umur padi kurang lebih lima bulan di lahan warga Desa Liang Naga.

 

Panen perdana padi varietas Talun Setia bersama warga juga dari PT Hamparan Mulia salah satu perusahaan yang berinvestasi di wilayah Teweh Baru dan juga Karang Taruna Kabupaten Barito Utara.

 

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Ir Sugeng mengatakan, panen bersama yang dilaksanakan warga Desa Liang Naga pada areal kurang lebih 10 hektar. Hasil panen ini bisa menghasilkan tiga ton perhektar.

 

Dan lahan padi ladang belum dikelola secara maksimal. Oleh karena itu, pada anggaran tahun depan akan dibuka luasan sekitar 50 hektar lagi.

 

Sugeng juga berharap dengan luasan yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Barito Utara saat ini sudah mencapai 10 ribu hektar.

 

“Kita perlu dukungan masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian.salah satunya adanya sarana pendukung seperti luasan lahan, keberadaan kelompok tani dan sarana penunjang lainnya,” kata Sugeng.

 

Dikatakan Sugeng terkait hal itu petani di daerah setempat memerlukan jalan usaha tani (JUT) disetiap wilayah atau kelompok tani. JUT ini dalam arangka untuk meningkatkan hasil pertanian.

 

Sementara Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Barito Utara, Akhmad Gunadi saat hadir dalam panen bersama sangat mengapresiasi yang sudah dilakukan oleh warga Desa Liang Naga.

 

Menurut Agi apa yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian bersama warga dan kelompok tani merupakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Dan program ini tentu saja menjadi skala prioritas bila memimpin Barito Utara.

 

“Memang program ini sudah beberapa tahun sudah dilaksanakan dan kedepannya akan dilaksanakan lebih baik lagi untuk kesejahteraan warga masyarakat,” pungkasnya.(lna/Lsn)

 

 

 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait