Dewan Kalteng Minta Pemda Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno .(Media Dayak/DPRD Kalteng)
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Menjelang Hari Raya Iduladha, DPRD Kalteng meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk memastikan kesehatan hewan kurban. Hal ini diutarakan sebagai langkah preventif untuk menjaga kesehatan masyarakat serta menjamin pelaksanaan ibadah kurban yang aman dan sesuai dengan syariat Islam.
 
Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno mengatakan bahwa kesehatan hewan kurban sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia. 
 
“Pemda harus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban secara menyeluruh dan memastikan hewan yang akan dijual bebas dari penyakit,” ujarnya, Kamis (13/6/2024)
 
Ia menekankan pentingnya kerja sama antara dinas peternakan, dokter hewan, dan komunitas peternak dalam menjaga standar kesehatan hewan. “Kita perlu memastikan bahwa hewan-hewan yang dijual di pasar maupun tempat penjualan lainnya sudah melalui pemeriksaan ketat,” tambahnya.
 
Selain itu, DPRD Kalteng juga meminta Pemda untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan layak. 
 
“Informasi yang tepat dan akurat akan membantu masyarakat dalam memilih hewan kurban yang sesuai dengan syariat dan standar kesehatan,” jelas Politisi PDI-Perjuangan Kalteng ini.
 
Langkah-langkah yang dianjurkan termasuk pemeriksaan kesehatan rutin, pemantauan di pasar hewan, dan pengawasan ketat terhadap tempat penjualan hewan kurban. Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan ibadah kurban dapat berlangsung dengan aman dan nyaman, serta terhindar dari potensi risiko kesehatan.
 
Hari Raya Iduladha yang akan datang diharapkan menjadi momentum bagi Pemda dan masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan hewan kurban. 
 
“Ini adalah tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa ibadah kurban kita dilaksanakan dengan cara yang sehat dan sesuai dengan ajaran agama,” tutup Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait