Dewan Dorong Pemerintah Tingkatkan Program Pertanian

 
Anggota DPRD Provinsi Kalteng Muhajirin. (Media Dayak/Dok DPRD Kalteng)
Palangka Raya, Media Dayak 
Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian suatu wilayah.
 
Oleh karenanya, Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Muhajirin berharap pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat meningkatkan program pertanian di Kalteng dalam rangka menguatkan ketahanan pangan di daerah ini 
 
“Pasalnya, apabila suatu daerah memiliki ketahanan pangan kuat maka dapat mengantisipasi krisis pangan yang diperkirakan akan melanda beberapa negara di belahan dunia saat ini dan tahun-tahun mendatang,” ujarnya, Senin (29/8/2022).
 
Dalam hal ini lanjutnya, kita akan mendukung setiap upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan sektor pertanian terutama di Kalteng. 
 
“Kita melihat saat ini sudah bagus apalagi ada food estate. Tapi harapan kita tidak hanya itu saja, setiap daerah harus bisa meningkatkan lagi program pertaniannya masing-masing,” tambahnya.
 
Sebagai wakil rakyat, sebut Muhajirin pihaknya mendorong penguatan dan pemerataan program pada sektor pertanian di setiap daerah provinsi ini disamping pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan program mensejahterakan masyarakat.
 
“Penting dilakukan peningkatan dan pemerataan program pertanian di setiap daerah kabupaten dan kota di Kalteng. Sebagai salah satu upaya penguatan ketahan pangan di daerah masing-masing,” terangnya.
 
Pada sisi lain, Ia mengaku sepakat pentingnya sinergitas dan kordinasi yang baik antara kepala daerah dari tingkat provinsi, kabupaten dan kota sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam pembangunan daerah salah satunya sektor pertanian dalam arti luas.
 
“Potensi Pertanian di daerah ini sangat besar. Karena itu pemerintah agar lebih memperkuat lagi sektor pertanian yang ada di daerah ini. Hal ini selaras dengan harapan Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan Indonesia secara umum harus bisa mandiri dalam hal memenuhi kebutuhan pangan,” katanya.
 
Dirinya meyakini, apabila semua potensi itu dapat dimaksimalkan maka Kalteng akan mampu menjadi lumbung pangan, baik bagi daerah maupun secara nasional. (Ytm/Lsn)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait