Desa Kandui Wakili Barut Penilaian Iva Tes tingkat Provinsi Kalteng

TIM PENILAI IVA TES-Tim Penilai IVA TES tingkat Provinsi Kalteng saat berada di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang untuk melakukan penilaian, Sabtu (12/1) di aula kantor Camat Kandui.(Media Dayak/diskominfosandi barut)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Guna mendukung, mencegah dan mengetahui secara dini penyakit kanker leher rahim, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Barito Utara (TP-PKK Barut) melalui programnya melaksanakan lomba pelaksanaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA TES) tingkat Kabupaten.

Dan Desa Kandui Kecamatan Gunung Timag terpilih menjadi Wakil Kabupaten Barito Utara untuk penilaian tingkat Provinsi  Kalimantan Tengah tahun 2019. Terpilihnya Desa Kandui sebagai locus dilaksanakannya penilaian lomba IVA Tes adalah berdasarkan pengamatan dan  penilaian.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo, mengatakan penyakit kanker serviks atau kanker rahim adalah penyakit yang sangat berbahaya oleh karena itu pemerintah Kabupaten Barito Utara senantiasa memberikan perhatian yang sangat serius terhadap pembangunan kesehatan masyarakat didesa.

“Desa merupakan penyelenggara pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta berperan penting dalam pencegahan dini terhadap penyakit,” kata Plt Kadis Kesehatan Siswandoyo saat membacakan sambutan tertulis bupati, Sabtu (12/1) di aula kantor Camat Gunung Timang.

Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Barito Utara Hj Sri Hidayati dalam sambutannya yang disampaikan Ibu Wakil Bupati Nila Sari Sugianto Panala Putra mengatakan TP PKK bekerjasama secara terpadu dengan berbagai pihak untuk mensosialisasikan pencegahan kanker serviks dengan melaksanakan kegiatan pelayanan pemeriksaan IVA TES dan memotivasi para kader untuk mensosialisasikan tentang IVA TES dalam rangak pencegahan kanker mulut rahim.

Camat Gunung Timang Syahmiludin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan tim penilai lomba pelaksanaan IVA TES tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang telah berkenan hadir dan memilih Desa Kandui sebagai tempat kegiatan.

Dikatakannya apabila Desa Kandui nanti diberikan kepercayaan sebagai pemenang maka strategi yang akan dikembangkan meliputi pertama meminta Kantor Urusan Agama  Kecamatan dapat mendukung program dengan mensyaratkan ketentuan untuk pasangan yang mau menikah agar melakukan IVA TES.

Kedua kataca Camat Kandui meminta semua pemerintah desa agar dapat memberikan dukungan Dana Desa (DD), dan ketiga setiap MMD dan Minlok bidang kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas memasukkan target IVA TES kepada PUS dan WUS yang ada diwilayah kerjanya.(lna/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *