Data Anggaran Kalteng Sudah Terbuka dan Bisa Diakses

Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

   Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyebutkan, data pemerintah dan pelaksanaan pembangunan di daerah ini, seperti data terkait anggaran sudah terbuka, semuanya bisa diakses, sehingga masyarakat bisa memantau penggunaan anggaran pemerintahan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri saat meninjau gedung Smart Province Kalteng di Palangka Raya baru-baru ini mengatakan, dengan teknologi yang ada, maka dapat mempublikasikan kepada masyarakat tentang program dan keberhasilan yang dicapai oleh pemerintah, sehingga masyarakat bisa tahu.

“Ini sebagai salah satu bentuk keterbukaan kepada publik, berkenaan dengan data-data pelaksanaan pemerintahan. Seperti data terkait anggaran sudah terbuka, semuanya bisa diakses, sehingga masyarakat bisa memantau penggunaan anggaran pemerintahan di Kalteng,” urainya.

Sementara fasilitas yang ada di gedung tersebut antara lain data center, command center, video conference, dan pusat layanan informasi publik. Sehingga sejumlah data pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng dapat terpantau.

Termasuk aktivitas sejumlah perkantoran, aktivitas lalu lintas, aktivitas di sejumlah tempat srategis, bahkan sejumlah pekerjaan pembangunan yang bersumber dari APBD Provinsi Kalteng juga dapat terpantau.

Sekdaprov Kalteng menyambut baik keberadaan gedung Smart Province Kalteng tersebut, bahkan dia meminta agar ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan lagi dalam rangka untuk memudakan pengawasan, pemantauan, monitoring terhadap pelaksanaan pembangunan, aktivitas perkantoran, termasuk keamannya. 

Disisi lain, ini juga sebagai bentuk transparansi pelaksanaan pemerintahan dilingkungan Pemprov Kalteng, serta mencegah atau meminimalisir terjadinya pungutan liar (Pungli) di kantor pelayanan di daerah ini.

“Ini adalah salah satu faslitas dalam rangka mengembangkan Smart City di Provinsi Kalteng. Karen dengan wilayah yang begitu luas, sehingga jangkauan untuk mengetahui perkembangan, pergerakan, atau kejadian-kejadian di kabupaten cukup jauh, namun dengan teknologi ini (cctv) membantu kita melakukan pemantauan,” harapnya.(YM)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *