Damkarmat Perkenalkan Peralatan dan Cara Penyelamatan Kepada SiswaTK

Sejumlah anggota Damkarnat, Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan saat memberikan pengetahuan tentang peralatan dan kinerja petugas Dankarnat kepada puluhan siswa TK Katholik Canosa Kasongan, di Pos Damkarmat Kereng Humbang beberapa waktu lalu.(Media Dayak/Ist)
 
Kasongan, Media Dayak 
 
Anggota Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Sat Pol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan perkenalkan sejumlah peralatan yang dimiliki Damkarmat, sekaligus tentang tata cara memadamkan kebakaran dan menyelamatkan masyarakat yang terkena musibah atau bencana kepada puluhan siswa Taman Kanak-kanak (TK) Katholik Canosa Kasongan,  bertempat di Pos Damkarmat Kereng Humbang, yang berlangsung beberapa waktu lalu, dipimpin oleh komandan Pos setempat Jon Alius.
 
Diantara beberapa peralatan dan petunjuk pelaksanaanya yang diperkenalkan, seperti pengenalan profesi seorang petugas Damkarmat
serta pengenalan alat alat yang digunakan petugas, yang diselingi pula dengan senam bersama di akhir kegiatan bersama puluhan anggota Damkarmat setempat.
 
Kepala Satpol PP dan Damkarmat Kabupaten Katingan, Pimanto S Sos melalui kabid Damkarmat setempat, Yoshua Paskaputra ST dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja di bidang Damkarmat pada 9 Pos Damkarmat di berbagai wilayah Kecamatan Kabupaten Katingan.
 
“Kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia  (Permendagri RI) nomor 114 tahun 2018 tentang standar teknis minimal pelayanan pada standar pelayanan minimal sub urusan kebakaran daerah Kabupaten/Kota,” kata Yoshua. 
 
Dengan kegiatan ini, dirinya berharap kepada siswa TK Katholik Canosa Kasongan yang diberikan pengenalan ini pada khususnya dan masyarakat Katingan pada umumnya bisa lebih mengenal tentang dan damkarmat. “Dan lebih baik lagi bisa mengenal sejak usia dini,” harapnya.
 
Karena’ dalam menjalankan tugas, seorang anggota Damkarmat menurutnya, membutuhkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kebijakan. “Hal ini mengingat tantangan penanggulangan kebakaran yang semakin kompleks untuk membawa pelayanan pemadam kebakaran yang lebih baik,” pungkas mantan PNS di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) ini. (Kas/Lsn)
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait