BUMDes Diminta Jaga Stabilitas Harga

 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meminta, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk dapat menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat, guna mengantisipasi dampak inflasi daerah.
 
“Harga barang kebutuhan pokok harus terus di perhatikan. Jangan sampai terjadi lonjakan harga, terkhusus pangan. Jika terlalu mahal pasti akan mempersulit masyarakat,” katanya, Rabu (20/3/2024).
 
Menurut Sugianto Sabran, Pemerintah Provinsi Kalteng telah menginstruksikan kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) baik pada tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, agar melakukan pengawasan secara ketat. 
 
“Segera tindak tegas jika ada oknum yang melakukan penimbunan barang kebutuhan pokok dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Lakukan juga pengawasan secara berkala,” jelasnya.
 
Sugianto Sabran juga mendorong, wilayah pedesaan di provinsi setempat, agar dapat menyiapkan lahan dalam rangka membentuk ketahanan pangan mandiri, khususnya untuk komoditas terdampak inflasi. 
 
Ia meminta, agar setiap kabupaten, kota, desa, dan kelurahan dapat menghasilkan komoditas pangannya sendiri. Tanpa harus bergantung pada daerah tetangga atau luar Kalteng. 
 
“Kita harus mandiri. Kalteng harus mampu membentuk ketahanan pangan mandiri. Saya yakin jika bergerak bersama, kita bisa menjadi contoh provinsi pertama yang memiliki ketahanan pangan sendiri,” tandas Sugianto Sabran.(Ytm/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait