Berharap Bapenda Tingkatkan SDM Petugas Lapangan

Anggota (DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono.(Media Dayak/Ist)
Kasongan, Media Dayak 
 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono memberikan respon positif terhadap kinerja kepala Badan Pendapatan (Bapenda) Kabupaten Katingan beserta jajarannya selama ini. “Karena, kian tahun semakin eksis dalam upaya pengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan,” kata Rudi Hartono kepada sejumlah awak media, Sabtu (4/5), via telpon selulernya. 
Hal ini terbukti selama beberapa tahun  di Bapenda ini dipimpin oleh Yodihel,  Yang mana selama dua tahun ini Bapenda selalu nyaris PAD yang ditargetkan. “Meskipun tidak penuh 100 persen dalam capaian target PAD nya namun hasilnya cukup bagus,” aku legislator parpol berlambang pohon beringin ini. 
Agar capaian targetnya bisa lebih meningkat lagi, dirinya berharap kepada Bapenda setempat selain berupaya untuk melakukan berbagai inovasi dan mencari peluang obyek PAD, juga melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di jajaran Bapenda setempat. “Utamanya peningkatan SDM pemungut pajak dan retribusi baik di bagian administrasi maupun yang bertugas di lapangan,” harapnya. 
Kenapa harus ditingkatkan ?. Pasalnya, justru petugas di lapangan itu lah menurutnya merupakan orang yang sangat memiliki andil meningkatnya pemasukan PAD, baik di sektor pajak maupun retribusi. Karena’ tugas bagian lapangan bukan sekedar melakukan pemungutan saja. “Tapi, mereka juga perlu melakukan sosialisasi terkait mamfaat dari pajak dan retribusi yang dibayar oleh para wajib pajak atau wajib retribusi,” ujar mantan jurnalis ini. 
Bahkan, lanjutnya, petugas di lapangan juga lah yang mengetahui persis kendala penagihan dan berbagai keluhan dari pembayar pajak dan retribusi, yang sampai pada waktunya mereka mampu melakukan evaluasi setiap tahunnya. Sehingga, ke depannya PAD di Kabupaten Katingan bukan hanya mencapai target saja, tapi juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Oleh karena itu, SDM mereka perlu ditingkatkan dengan melakukan diklat rutin setiap tahunnya,” pintanya. 
Terkait dengan armada untuk petugas lapangan baik untuk sosialisasi maupun untuk pemungutan pajak dan retribusi secara jemput bola, menurutnya perlu juga difikirkan. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Karena’ masyarakat pembayar pajak dan retribusi di daerah kita tidak hanya di ibukota Kabupaten saja. “Tapi.lebih banyak di desa-desa dan di wilayah Kecamatan yang jaraknya cukup jauh dari kantor Bapenda,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (Kas/Lsn) 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait