Balapan Liar Saat Jam Sekolah,Belasan Siswa Diamankan

Anggota Satlantas Polres Gumas memberi teguran kepada sejumlah siswa yang diamankan karena melakukan balapan liar di jam sekolah, Selasa (8/1) siang.(Foto/Doc.Pribadi)

Bacaan Lainnya

Kuala Kurun,Media Dayak

     Kapolres Gunung Mas(Gumas) AKBP Yudi Yuliadin melalui Kasat Lantas Iptu Rachmat Endro menyatakan anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Gumas,Selasa(8/1) pukul 12.00 WIB mengamankan belasan  siswa dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kurun lantaran melakukan balapan liar pada saat jam sekolah.

”11 orang siswa yang kita amankan langsung kita berikan teguran,karena melakukan balapan liar saat jam sekolah di Jalan A Yani, tepatnya di depan RSUD Kuala Kurun hingga belokan dekat SMAN.Sepeda motor yang mereka gunakan langsung kita tilang dan kita amankan di Mapolres Gumas,” jelas Endro,Rabu(9/1)

“Mereka diamankan ketika anggota satlantas melaksanakan patroli soalnya ada informasi bahwa jalan itu kerap menjadi tempat balapan ketika jam pelajaran kosong,” lanjutnya.

 Untuk mengambil enam sepeda motor yang diamankan itu,Endro menandaskan, pemilik sepeda motor harus membawa surat-surat kelengkapan kendaraan dan membayar biaya tilang.

Soal balapan liar yang dilakukan belasan siswa itu,dia sangat menyayangkan.Ia mengaku pagi hari pihaknya telah melakukan sosialisasi, pembinaan, dan edukasi mengenai tertib berlalu lintas kepada siswa, ketika pelaksanaan upacara bendera di lapangan SMAN 1 Kurun.

”Ya  kita sayangkan. Padahal sosialisasi tertib berlalu lintas sudah gencar kita laksanakan, supaya mereka mengerti dan paham tentang aturan di jalan raya,” ucapnya.

Endro minta seluruh siswa SMA/SMK yang ada di Kuala Kurun dan Gumas umumnya  dapat menjadi  pelopor keselamatan berlalu-lintas bagi lingkungan di kelas, sekolah, rumah dan masyarakat.

“Kalau berkendara,jangan kebut-kebutan dan selalu menggunakan helm standar yang dianjurkan pemerintah,” pintanya.

”Balapan liar itu tidak ada manfaatnya.Belajar itu yang banyak manfaatnya buat masa depan.Buatlah perenungan diri,setelah lulus nanti mau kemana,mau jadi apa. Kalau mengalami cedera badan yang serius akibat kecerobohan dan kelalaian dalam berkendara,bagaimana masa depan yang baik itu dapat terwujud,bagaimana cita cita dapat digapai,” serunya.

”Tindakan oknum siswa dengan melakukan balapan liar di jam sekolah itu sangat kita sesalkan. Kita akan panggil mereka,kita berikan teguran,” tegas Kepala Sekolah SMAN 1 Kurun,Batuah Sanggah saat dikonfirmasi terkait peristiwa itu.(Nov/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *