Asisten I, Serampang: Kita Harus Melaksanakan Pilkada Yang Damai

Asisten I Setda Murung Raya Serampang saat menggunting pita balon sebagai tanda diluncurkannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya, Kamis (2/5/2024) siang. (Media Dayak/Lulus Riadi)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

 Mewakili Pemerintah Daerah, Asisten I Setda Murung Raya Serampang bersama Forkopimda melakukan peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (2/5/2024) siang.

Ketua KPU Murung Raya Okto Dinata mengatakan  kegiatan tahapan pilkada Kabupaten Murung Raya sudah berjalan setelah keluar SK tanggal 22 januari dari KPU RI yang mana tahapan itu ber realisan langsung dengan tahapan pemilu dan  peluncurannya kemarin sudah dilakukan oleh ketua KPU RI.

“Sehingga kita di daerah baru melakukan peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Murung Raya” kata Okto Dinata.

Selain itu, Okto Dinata juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan pihak terkait atas suport dan dukungan terhadap tahapan pilkada.“Kita juga meminta bantuan semua pihak agar terlibat langsung dalam mensukseskan pilkada di tahun 2024 ini” ucapnya.

Sekedar informasi, Okto juga menyampaikan bahwa KPU Murung Raya sudah melakukan tahapan pembentukan badan adhock di 10 kecamatan. “Tanggal 6 sampai 8 Mei kita akan melakukan tes CAT untuk badan adhock PPK kita di SMPN I Murung, dalam waktu dekat juga kita akan memasuki tahapan pencalonan persorangan yang dimulai tanggal 5 Mei,” tambah Okto Dinata.

Sementara itu, Asisten I Setda Murung Raya Serampang mengatakan bahwa pemilukada adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, Sehingga diera keterbukaan seperti yang di hadapi saat ini masyarakat serta segenap pemangku kepentingan, telah semakin kritis dan semakin memahami keberadaan pemilukada sebagai wahana untuk mengubah harapan kehidupan berdemokrasi yang lebih baik melalui pergantian kepala daerah.

“Dan berkaca dari penyelenggaraan pilpres dan pileg pada bulan Februari 2024 lalu yang berjalan dengan baik dan kondusif,  saya meminta agar kembali lagi sama-sama menjaga situasi kantibmas di Murung Raya agar tetap dan aman kondusif sehingga penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati murung raya nantinya dapat berjalan dengan baik,” kata Serampang.

Penegasan itu ia tujukan terutama kepada bawaslu, kpu, dan semua penyelenggara di tingkat kecamatan, desa/kelurahan agar menjalankan tugas berproses dengan baik sesuai dengan tahapan yang ada. Serta juga menegaskan kepada partai politik dan pasangan calon bersama tim pemenangan masing-masing untuk melakukan kampanye- kampanye yang sehat.

“Kita harus melaksanakan pilkada yang damai, pilkada yang jujur, pilkada yang berintegritas, dan menolak tindakan- tindakan yang tidak terpuji, yang mencederai demokrasi, seperti menyebar fitnah, menyebar ujaran kebencian, politik uang dan yang lain-lainnya,” kata Serampang.

Bahkan ia juga mendorong agar berkampanye yang berkualitas, menyehatkan, mengoptimalkan informasi, demokrasi dan pemanfaatan teknologi.

“Kita juga harus mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, bukan politik adu domba. saya berharap pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati Murung Raya berjalan aman dan sukses, sampai pada tahapan akhir, ayo kita ajak seluruh elemen masyarakat berpartisipasi, murung raya mendukung untuk serta mensukseskan pilkada murung raya tahun 2024,” pungkasnya.(LLS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait