63 CJH Barito Utara Ikuti Bimbingan Manasik Haji

MANASIK HAJI-Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan bimbingan manasik haji di ayla BappedaLitbang, Senin (6/6/2022). (Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sebanyak 63 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Barito Utara (CJH Barut) mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji. Kegiatan manasih haji ini dilaksanakan di aula BappedaLitbang selama dua hari, dari 9-7 Juni, Senin (6/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Bupati H Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Dr H Noor Fahmi, Sekda Muhlis, unsur FKPD dan undangan lainnya.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan bahwa ibadah haji merupakan Rukun Islam yang ke lima yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakannya.

“Oleh karenanya, sebelum kita berangkat melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah Almukarramah, kita harus lebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur,” kata bupati H Nadalsyah.

Sehingga kata bupati, dalam melaksanakan ibadah haji nantinya kita akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yaitu “Haji Mabrur dan Maqbul” yang diridhai oleh Allah SWT. karena haji yang mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan kita semua.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah dan jajarnya yang telah melaksanakan bimbingan manasik haji tahun 2022 ini.

Dikatakan Nadalsyah manasik haji yang di buka pada hari ini adalah merupakan suatu kesempatan baik yang diadakan khusus untuk jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

“Oleh karenanya kepada jamaah calon haji saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik. Manasik haji ini merupakan gladi resik yang akan dilaksanakan ditanah suci nanti,” kata dia.

Lebih lanjut Nadalsyah melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah Al Mukarramah di samping sebagai ibadah kepada Allah SWT, para jama’ah calon haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk dalam melaksanakan ibadah haji ini.

Sementara kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara, HM Yusi Abdhian, menyampaikan pelaksanaan manasik haji tahun ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari 6-7 Juni 2022, sedangkan pada tingkat kecamatan dilaksanakan kemudian pada tanggal 8-11 Juni 2022.

“Untuk jamaah pada tahun ini jamaah Kabupaten Barito Utara berjumlah 63 orang terdiri dari 30 orang laki-laki dan 33 perempuan. Usia paling tinggi 64 tahun dan yang termuda berusia 28 tahun yang akan berangkat melalui kloter BDJ 6 Embarkasi Haji Banjarmasin pada tanggal 19 juni 2022” mendatang,” kata dia. (lna/L

Facebook Comments Box
image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.