UPR Siap Menjadi Tuan Rumah KKN Kebangsaan 

Ketua LPPM UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si  dan Dr. Hasrullah, M.Si .(Media Dayak/dok-Yorgen)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Universitas Palangka Raya (UPR) siap menjadi tuan rumah Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke-10  tahun 2022 yang akan digelar di Provinsi Kalteng pada bulan Juli mendatang.

Untuk mendukung dan mempersiapkan kegiatan berskala Nasional tersebut Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si  mengundang langsung Dr. Hasrullah, M.Si Dosen UNHAS, selaku penggagas  dari KKN kebangsaan untuk bertemu dengan Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, M.Si, dalam rangka kesiapan UPR melaksanakan KKN Kebangsaan pada bulan Juli 2022 mendatang.

Dalam pertemuan, Rabu (8/12/2021) di LPPM UPR, dengan Ketua LPPM UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si  beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sekaligus paparan oleh Dr. Hasrullah, M.Si, dalam rangka  persiapan KKN Kebangsaan menyatakan, kegiatan tersebut telah mulai digelar sejak tahun 2013,  yang telah diikuti semua Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Menurutnya, KKN kebangsaan memiliki tujuan menyatukan anak bangsa dalam sebuah perbedaan suku, agama, bahasa dan budaya dalam suatu kegiatan besar yang bernuasa akademik untuk membangun Indonesia tercinta secara khusus untuk masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah, serta mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang cinta tanah air yang menghargai adat istiadat budaya bangsanya.

Lebih lanjut dikatakan Dr. Hasrullah, M.Si, kegiatan KKN Kebangsaan melibatkan berbagai pihak yaitu Perguruan Tinggi,  Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Tokoh Masyarakat.

“Kita harapkan, kegiatan KKN Kebangsaan dilakukan di Kabupaten di Provinsi Kalteng,”pungkasnya.

Ketua LPPM UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si  berfoto bersama Dr. Hasrullah, M.Si Dosen UNHAS, selaku penggagas  KKN kebangsaan beserta sejumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) UPR. (Media Dayak/dok-Yorgen)

Sementara itu, Ketua LPPM UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si , mengungkapkan,  saat melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia, SE, M.Si, menyambut baik kegiatan KKN Kebangsaan yang dilakukan di UPR sebagai tuan rumah penyelenggaraan yang nantinya akan melaksanakan KKN di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Dijelaskan Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si , Rektor menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak Kemendikbud, Ristek yang telah mempercayakan UPR sebagai tuan rumah.

“Rektor mengharapkan dengan KKN Kebangsaan menjadi perekat persaudaraan dan membangkitkan rasa kebangsaan serta meningkatkan kebersamaan diantara warga bangsa untuk mewujudkan Kebhinekaan dan toleransi,”ujar Ketua LPPM UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si. 

Aswin Usup mengungkapkan, menurut Rektor yang tidak kalah penting adalah menghargai kearifan lokal masyarakat Dayak, menjaga tata krama dan nilai adat istiadat.

Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE, M.Si menyatakan yakin semuanya akan berjalan dengan baik, kata Aswin Usup.

Lebih lanjut, Ketua LPPM UPR Dr. Ir. Aswin Usup, M.Si menjelaskan, sebagai penyelenggaraan KKN Kebangsaan UPR terus melakukan persiapan  yang baik dan matang, sehingga kegiatan KKN Kebangsaan akan berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

“Kami akan mempersiapkan dengan semaksimal mungkin sehingga dalam pelaksanaan KKN Kebangsaan di Bulan Juli 2022 mendatang selama satu bulan, akan terus melakukan komunikasi dengan semua pihak demi suksesnya acara  Nasional ini baik Permerintah Pusat, Daerah dan Pihak Swasta Nasional,” ungkap Aswin Usup lagi.

Dalam kesempatan tersebut juga Dr. Ir Aswin Usup, M.Sc juga menyampaikan bahwa untuk lokasi KKN Kebangsaan sudah dipersiapkan dengan mengecek lokasi, tempat tinggal, kondisi keamanan,  dan jarak dari kota Palangka Raya juga menjadi pertimbangan bagi LPPM UPR dalam menempat mahasiswa dalam KKN nantinya.

Ditambahkan Aswin Usup, dalam rangkaian kegiatan KKN Kebangsaan nanti akan diadakan pembekalan dan seminar nasional dimana diharapkan kehadiran Tokoh Nasional yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri, Panglima TNI, Menkopulhukam, Menteri Pertanian dan Mendikbudristek. (Jur/Lsn)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.