UMP Realisasikan Program Kolaborasi Mahasiswa -Dosen Untuk Masyarakat

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP), Dr HM Yusuf S.Sos MAp memantau kesiapan sarana dan prasarana UMP untuk membuka Fakultas Kedokteran di lingkungan perkuliahan Kampus II setelah peluncuran Program Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen (PKMD), Selasa (24/1/2023).(Media Dayak/Ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) terus merealisasikan konsep perkuliahan yang beriorientasi pada dunia kerja, sesuai visi Rektor Dr HM Yusuf S.Sos MAp. Salah satunya dengan pelaksanaan Program Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen (PKMD) yang diluncurkan, Selasa (24/1/2023).
 
Peresmian program PKMD tersebut digelar di Kampus II UMP, Jalan Anggrek, Kelurahan Kereng Bangkirai, Palangka Raya, dihadiri langsung Rektor Dr HM Yusuf SSos MAp, didampingi Wakil Rektor II Ridha Respati MT, Wakil Rektor IV Dr Sanawiyah, Dekan FISIP Irwani SSos MAp, jajaran BEM, dan ratusan mahasiswa UMP serta Ketua Serikat Media Siber  Indonesia provinsi Kalteng H Sutransyah.
 
HM Yusuf kepada puluhan awak media yang meliput  mengatakan, dengan diluncurkannya program kolaborasi mahasiswa-dosen ini, UMPR siap memberikan bantuan dan pendampingan kepada masyarakat sesuai bidang-bidang pendidikan  di UMP.
 
Bidang bantuan dan pendampingan itu antara lain, layanan kesehatan dan kedaruratan, pendampingan hukum, budidaya pertanian dan kehutanan, pendidikan, lingkungan, teknologi, hingga sosial kemasyarakatan.
 
“Seluruh mahasiswa UMP dengan didampingi dosen akan dilibatkan sebagai relawan bantuan dan pendampingan ini, sesuai disiplin ilmu masing-masing,” ujar Yusuf,  mantan Sekraris PWI Kalteng ini.
 
Rektor baru UMP ini melanjutkan, selain sebagai bentuk pengabdian kepada mmasyarakat, program ini juga berkaitan dengan misi UMPR untuk membiasakan mahasiswa dengan dunia kerja sehingga dapat langsung belajar di lapangan. 
 
Terkait program tersebut, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMPR Arif Bayu menyatakan kesiapan rekan-rekannya untuk terjun langsung memberikan bantuan dan pendampingan kepada masyarakat.
 
“Kami siap menjalankan program yang diamanatkan Rektorat UMPR ini karena sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan langsung di lapangan, sekaligus membiasakan diri dalam pengabdian ke masyarakat,” kata Arif didampingi Sekretaris dan jajaran BEM lainnya.
 
Peluncuran PKMD ini juga dirangkai dengan kunjungan pantauan kesiapan sarana dan prasarana UMP untuk membuka Fakultas Kedokteran di lingkungan perkuliahan Kampus II yang memiliki luas lahan sekitar 20 hektare.
 
Untuk sarana dan prasarana, saat ini UMP sedang membangun gedung kampus dan laboratorium kedokteran.  Sebagai sarana penunjang lain, telah selesai dibangun asrama berbentuk rumah susun yang pembangunannya dibantu Dinas PUPR dan baru saja diserahterimakan. (Ist/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait