Tingkatkan Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah, BPSDM Kementerian Kominfo RI Gelar Pelatihan DEA di Palangka Raya

Kepala BPSDM Kementerian Kominfo RI Hary Budiarto sampaikan sambutan, Jumat (21/6/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
Palangka Raya, Media Dayak 
Kementerian Kominfo RI melalui BPSDM gelar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), di Hotel Luwansa Palangka Raya, Jumat (21/6/2024). Pelatihan ini mengusung tema “Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah”.
 
Kepala BPSDM Kementerian Kominfo RI Hary Budiarto mengatakan Kementerian Kominfo telah meluncurkan visi Indonesia Digital 2045. “Tahun 2045 kita harus menjadi masyarakat digital, karena ada visi Indonesia Maju 2045,” ujarnya.
 
Menurut Hary Budiarto, agar bisa menjadi negara maju, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus mencapai 10%. “Sedangkan pertumbuhan ekonomi kita masih di angka 5%, kalau tidak sampai 10% maka negara tidak akan maju dan kita masih menjadi negara berkembang,” ungkapnya.
 
Hary menilai kegiatan pelatihan ini sangat penting agar masyarakat khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia bisa menguasai dunia digital. “Masyarakat kita harus digital agar kita bisa mewujudkan Indonesia menjadi negara mau 2045,” tukasnya.
 
Sementara itu, KadiskominfoSantik Provinsi Kalteng Agus Siswadi menyampaikan Provinsi Kalteng memiliki luas 1,5 kali pulau Jawa, dan memiliki banyak desa yang masih blank spot. “Ada 321 Desa blank spot, jangankan internet, sinyalpun masih susah,” ungkapnya.
 
Untuk itu, Agus Siswadi meminta agar Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Kominfo memberikan perhatian lebih kepada Desa yang masih minim jaringan komunikasi agar memudahkan masyarakat dalam mengakses dunia digital. 
 
“Pelatihan ini sangat bagus sekali karena bisa meningkatkan kapasitas SDM khususnya UMKM yang ada di Kalteng,” pungkasnya.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
 
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait