Selama 5 Bulan, 50 Peserta Magang Ditempatkan di 14 Perusahaan di Barito Utara

PELEPASAN PESERTA MAGANG-Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur sampaikan laporan terkait pelepasan peserta pemagangangan dalam negeri tahun 2024, di aula BappedaLitbang, Selasa (21/5/2024).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Sebanyak 50 peserta pemagangan dilepas oleh Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis di aula bappedaLitbang Muara Teweh, Selasa (21/5/2024). Ke 50 peserta pemagangan ini akan di tempatkan di 14 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Barito Utara.

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara, M Mastur mengatakan dalam pemagangan ini diikuti peserta pemagangan sebanyak 50 orang peserta. Dengan 9 (sembilan) jurusan yang terdiri dari Administrasi Perkantoran, Mekanik Alat Berat, Mekanik Sarana, Helper Mekanik, Crew Survey, Operasional Lapangan, Geologi Pertambangan, Komputer dan Jaringan, serta Kimia Analis.

 

“ke 50 peserta ini mengikuti pemagangan selama lima bulan terhitung dari tanggal 21 Mei 2024 sampai dengan 21 Oktober 2024 di 14 perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata Mastur.

 

Adapun ke 14 perusahaan tersebut yaitu Bharrinto Eka Tama site TCM, PT Tambang Raya Usaha Tama site BEK, PT Suprabari Mapanindo Mineral site Sekako, PT Unirich Mega Persada site Hajak, PT Kalimas Kharisma site Jingah dan PT Harmoni Panca Utama jobsite BDA.

 

Kemudian, PT Mega Multi Energy site Sikui, PT Sinar Nirwana Sari site BEK, PT Sinergi Hutan Sejati site Kemawen, Perusda Batara Membangun, PT Fontana Resources Indonesia site Hajak, PT Victor Dua Tiga Mega, PT POS Indonesia dan PDAM Muara Teweh.

 

Dikatakan Mastur, maksud dan tujuan dari pemagangan dalam negeri tahun 2024 ini berharap dengan adanya pemagangan ini agar peserta magang memperoleh pengalaman, keahlian dan keterampilan serta kompetensi tenaga kerja yang diperlukan untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

 

Selain itu jelas dia, percepatan peningkatan daya saing tenaga kerja Kabupaten Barito Utara, penciptaan lapangan kerja, penanggulangan inflasi dan pengangguran di Kabupaten Barito Utara.

 

“Diharapkan peserta magang ini dapat direkrut menjadi karyawan perusahaan dimana tempat mereka melakukan pemagangan,” kata Mastur.

 

Dan juga untuk mempererat hubungan kerjasama, sinergisitas dan koloborasi program dan kegiatan dengan perusahaan daerah maupun swasta dalam upaya peningkatan kompetensi dan rekrutmen tenaga kerja Kabupaten Barito Utara.(lna/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait