PJ Bupati Muhlis : Pemagangan Bagian dari Sistem Pelatihan Kerja

PESERTA MAGANG-Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi Kajari Barito Utara Fadilah, pejabat lainnya, Kadis Nakertranskop UKM sematkan tanda peserta kepada perwakilan magang, di aula BappedaLitbang, Selasa (21/5/2024).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis mengatakan pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan dilembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman (mentor) dalam rangka menguasai keterampilan, keahlian  atau kompetensi tertentu.

 

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Muhlis pada acara pelepasan peserta pemagangan dalam negeri  Kabupaten Barito Utara tahun 2024 di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Selasa (21/5/2024).

 

Menurut Pj Bupati Muhlis, mengikuti program pemagangan yang sistimatis peserta dapat memperoleh pengalaman kerja yang lebih praktikal, sehingga peserta pemagangan dapat lebih cepat diserap pasar kerja sekaligus menjadi bekal para peserta untuk terjun ke dunia kerja yang sesunghuhnya.

 

“Metode pemagangan ini dilakukan dalam upaya percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja. Pemagangan ini berkontribusi besar dalam menambah jumlah tenaga kerja skilled serta menyesuaikan supply dan demand tenaga kerja,” kata dia.

 

Terkait hal tersebut Pj Bupati menambahkan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengajak kepada seluruh pengusaha di wilayah Kabupaten Barito Utara agar mendukung program dan kegiatan pemagangan ini. Hal ini dalam upaya penanggulangan tingkat pengangguran di Kabupaten Barito Utara.

 

“Sangat diharapkan dukungan, kerjasama dan komitmen bersama antara pemerintah, BUMN, BUMS, BUMD dan stakeholder terkait lainnya, diantaranya melalui metode program pemagangan dan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kerja guna meningkatkan kemampuan, produktifitas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya,” kata Pj Bupati Muhlis.

 

Ia juga mengungkapkan bahwa banyak keuntungan yang diperoleh ketika mengikuti pemagangan, disamping meningkatkan kompetensi tenaga kerja juga membangun jiwa disiplin, etika kerja serta prilaku dan komunikasi profesional.

 

Lebih lanjut Muhlis mengatakan peningkatan kemampuan dan kualitas kerja merupakan salah satu unsur penting dalam dunia kerja, terlebih ditengah tengah persaingan globalisasi yang menuntut sumber daya manusia (SDM) di daerah, khususnya Barito Utara untuk terus berpacu meningkatkan kualitas diri untuk menjadi tenaga kerja siap pakai dan siap kerja.

 

“Kami berpesan selama mengikuti pemagangan selama 5 (lima) bulan di perusahaan, agar diikuti dengan baik dan serius serta memperhatikan dan mentaati semua ketentuan dan peraturan yang diterapkan di masing-masing perusahaan tempat kalian di magangkan, termasuk yang telah ditetapkan oleh Disnakertranskop-UKM Kabupaten Barito Utara sebagai penyelenggara program kegiatan pemagangan,” kata Muhlis.

 

Pj Bupati Muhlis pada kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada 14 perusahaan yang bersedia bekerjasama sebagai tempat penyelenggaraan pemagangan dalam negeri tahun 2024.

 

“Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan. Dan bagi perusahaan yang belum bersedia di tahun ini diharapkan di tahun-tahun berikutnya dapat bekerjasama dalam mensukseskan program pemagangan ini,” pungkasnya.(lna/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait