RPJMD Lebih Mengacu Kepada Visi Misi Bupati 2018-2023

Bupati Kabupaten Mura, Drs Perdie MA saat memberikan sambutan pembukaan acara Musrenbang, di GPU Tira Tangka Balang, Kota Puruk Cahu. Kamis (31/1). (Media Dayak/Lulus Riadi)

Bacaan Lainnya

Puruk Cahu, Media Dayak

   Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Murung Raya (Mura) lebih mengacu kepada penjabaran dari Visi Misi program Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023 yang memuatkan tujuan, sasaran dan strategi arah kebijakan pembangunan daerah.

Bupati Kabupaten Mura, Drs Perdie MA mengatakan penyusunan RPJMD merupakan program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun kedepan, yang disusun dengan berpedoman pada RPJMD dan RPJMN.

“Musrenbang RPJMD mempunyai kedudukan dan fungsi yang penting, strategis dalam mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan daerah. terutama dalam rangka untuk meningkatkan konsistensi dan sinkronisasi kebijakan pencapaian tujuan, sasaran program, dan kegiatan dalam implementasi pelaksana kebijakan dilapangan, sedangkan nilai strategis yang terdapat dalam musrenbang RPJMD adalah masukan dari berbagai stekholder, elemen masyarakat, termasuk swasta terhadap rancangan RPJMD,” Kata Perdie saat pidato pada acara pembukaan Musrenbang RPJMD, di GPU Tira Tangka Balang, Kamis (31/1).

Perdie berharap, kepada seluruh kepala OPD beserta jajarannya untuk bersungguh-sungguh menyajikan dokumen yang terbaik untuk dokumen RPJMD ini, serta melakukan telaah dan kajian yang konfrensif, karena dokumen RPJMD ini bukan hanya tanggung jawab Bapplibangda saja, akan tetapi milik SOPD bersama.

“Dokumen ini menjadi acuan yang intergratif dengan renstra masing-masing perangkat daerah, nantinya saya tidak mau mendengar apabila program OPD ada yang tertinggal dan lain sebagainya, teliti secara cermat renstra masing masing, karena apabila tidak termuat dalam RPJMD, maka tidak bisa dilaksanakan program tersebut,” Ujarnya.

Disampaikan Perdie, ada lima poin yang tertuang dalam Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya periode 2018-2023 selama lima tahun berturut turut yang sudah di susun oleh tim dari Bappletbangda Mura.

“Tahun pertama kita melaksanakan pemenuhan insfatruktur dan konektivitas wilayah serta penguatan potensi SDM, tahun yang kedua melakukan peningkatan nilai tambah berbagai sektor unggulan daerah khususnya pertanian dan pariwisata, ditahun yang ketiha penyiapan  industri produk unggulan daerah berbasis potensi sumber daya alam dan kelestarian lingkungan, tahun keempat  penguatan daya saing daerah berbasis SDA terbarukan dan pengembangan pedesaan didukung penguatan managemen sumber daya aparatur, dan yang kelima pemamtapan kesejahteraan masyarakat menuju Murung Raya EMAS 2030,” Tuturnya.(LUS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *