Richard Beri Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi

Sekda Gumas Richard menyampaikan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi pendukung DPRD Gumas terhadap pidato pengantar Pj Bupati Gumas atas Ranperda RPJPD Gumas 2025-2045 di ruang sidang paripurna DPRD Gumas, Senin (8/7/2024) siang. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pandangan Umum Fraksi-fraksi pendukung DPRD Gunung Mas (Gumas) terhadap Pidato Pengantar Pj Bupati Gumas atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gumas tahun 2025-2045, mendapat jawaban dari Pemkab Gumas.

Jawaban disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas Richard pada rapat paripurna ke-7 masa persidangan III DPRD Gumas dengan agenda Jawaban Pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi pendukung DPRD Gumas terhadap Pidato Pengantar Pj Bupati Gumas atas Ranperda RPJPD Kabupaten Gumas 2025-2045 di ruang sidang paripurna DPRD Gumas, Senin (8/7) siang.

“Terhadap pandangan umum fraksi-fraksi,kami dapat mengambil makna betapa besar dukungan fraksi-fraksi pendukung dewan yang terhormat terhadap rancangan peraturan daerah tentang RPJPD Kabupaten Gunung Mas tahun 2025-2045 yang telah kami sampaikan,”kata Richard.

Richard selanjutnya menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi PDIP yang disampaikan melalui juru bicaranya (jubir) Elvi Esie.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik saran dari fraksi PDIP dalam hal penyusunan rancangan program pokok dan kegiatan yang memperhatikan skala prioritas dan ketersediaan anggaran,”ujar Richard.

Lanjut dia, dalam rencana kerja tahunan, hal itu akan menjadi perhatian  saat penyusunan dan perumusan RPJMD dan Renstra serta RKPD dan Renja, sehingga program dan kegiatan tersebut bersentuhan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

Terkait jalan infrastruktur khususnya jalan dan jembatan yang dikeluhkan masyarakat selama ini, pemkab setuju dan akan menindaklanjuti hal tersebut.

“Dalam hal penjabaran misi terwujudnya SDM unggul, berkualitas dan modern difokuskan pada peningkatan kapasitas individu dan masyarakat secara menyeluruh pada bidang pendidikan dan kesehatan,” kata Richard.

“Misi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang berintegrasi dan dinamis mencakup berbagai aspek yang berhubungan dengan efektivitas, efisiensi, transparansi, responsivitas, dan inovasi dalam pemerintahan, keberhasilan perencanaan dan penganggaran dalam pembangunan tergantung dari bagaimana kita mengelola penyelenggaraan pemerintahan daerah. Lebih lanjut akan kami jabarkan pada pembahasan nantinya,”tuturnya.

Menyoal infrastruktur khususnya ruas jalan Kuala Kurun-Sare Rangan-Tumbang Pajangei-Tewah-Upon Batu, Richard menyebut Pemkab Gumas berterima kasih atas perhatian fraksi PDIP mengingat ruas jalan tersebut sebagai jalan menuju 2 objek wisata yaitu monumen Tambun Bungai dan Batu Suli, serta ruas jalan menuju objek wisata air terjun Bawin Kameloh.

“Kami setuju dan akan menindaklanjuti hal tersebut pada Dokumen RPJMD maupun RKPD,”ucap Richard.

Atas pandangan umum fraksi Nasdem-Hanura melalui jubirnya Evandi, mantan Kadis PU Murung Raya itu mengatakan bahwa pengeloaan tersebut ada pada arah pembangunan pada sasaran pokok terwujudnya perekonomian daerah yang inklusif, inovatif dan berkelanjutan berbasis keanekaragaman potensi lokal daerah.

“Pengelolaan sumber daya alam tetap menjadi fokus dalam RPJPD ini. Perlu diingat juga bahwa RPJPD merupakan arahan garis besar kebijakan dan strategi sehingga hal-hal yang bersifat kongkrit sampai level program kegiatan nanti akan berada pada 4 periode RPJMD Kabupaten Gunung Mas selama 20 tahun mendatang,” terangnya.

Merespon keinginan fraksi Nasdem-Hanura untuk menaikan nilai bantuan bagi partai politik, Richard mengaku pemda sepakat untuk dibahas di tim anggaran pemda dan menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Rapat paripurna dipimpin Waket I DPRD Binartha didampingi Waket II Neni Yuliani dihadiri anggota DPRD Gumas, unsur forkopimda, asisten, beberapa kepala perangkat daerah dan pejabat eselon III serta tamu undangan lainnya. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait