Pj Bupati Lepas 273 Kontingen Ikuti FBIM di Palangka Raya

Pj Bupati Mura, Hermon menyerahkan bendera TTB kepada ketua rombongan di halaman Kantor Bupati, Kamis (16/5/2024).(Media Dayak/Lulus Riadi)

Puruk Cahu, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Murung Raya Hermon lepas sebanyak 273 kontingen berangkat menuju Kota Palangkaraya untuk bertanding dan berkompetisi melawan 12 Kabupaten dan 1 Kota se – Kalimantan Tengah pada festival budaya Isen Mulang yang dimulai tanggal 18 sampai 23 Mei 2024 ini. Pelepasan berlangsung di halaman kantor Bupati, Kamis (16/5/2024) pagi.

Dalam laporan ketua panitia Ferdinand Wijaya yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Murung Raya peserta dari Kabupaten Murung Raya mengikuti lomba karnaval budaya, tari tradisional/pedalaman, lagu daerah, perahu hias, sepak sawut, manetek, maneweng dan manyila kayu, panginan sukup simpan (makanan tradisional).

Selanjutnya mangenta, malamang, dayung tradisional putra/putri, besei kambe putra/putri, balogo putra/putri, bagasing putra/putri, mangaruhi, manyipet/manyumpit putra/putri, mangarungut putra/putri, lawang sakepeng (pencak silat),jagau dan bawi nyai pariwisata, videografi, dan fotografi.

“Dari semua lomba di festival budaya suku dayak ini hanya satu yang tidak kita ikuti yaitu tari pesisir,” ujar  Ferdinand Wijaya.

Sementara itu, Pj Bupati Murung Raya Hermon berpesan kepada para peserta agar membawa semangat tira tangka balang yang berarti maju terus pantang mundur. “Junjung tinggi rasa tanggung jawab dalam berjuang agar memperoleh prestasi terbaik karena apabila tidak mengindahkan hal tersebut maka akan memberi peluang bagi kontingen lain merebut juara umum yang kita pegang saat ini,” tegas Hermon.

Selain itu kepada para pelatih, pendamping dan koordinator Hermon berharap mereka terus memberi pembinaan dan motivasi untuk para peserta di setiap agenda perlombaan yang sudah dijadwalkan.

Turut hadir pelepasan ini Kapolres Murung Raya AKBP Irwansyah, Dandim 10/13 Muara Teweh Letkol Inf Agus Salim Tuo, dari Kejaksaan Negeri, dan sejumlah Kepala OPD pendamping peserta yang berangkat.(LLS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait