Pj Bupati Herson Buka FBMM dan Pameran Pembangunan

Pj Bupati Gumas Herson B.Aden meninjau salah satu stan pameran pembangunan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Gumas di Stadion Mini Kuala Kurun,Minggu (16/6/2024) sore. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas (Gumas) Herson B.Aden membuka secara resmi Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) dan Pameran Pembangunan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Gumas di Stadion Mini Kuala Kurun,Minggu (16/6) sore.

“Festival budaya mihing manasa dimaksutkan sebagai upaya untuk melestarikan berbagai jenis dan ragam budaya,sekaligus memperagakan seni dan keterampilan sehingga dapat selalu memunculkan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan seni dan keterampilan oleh Masyarakat,terutama dikalangan generasi muda,”kata Herson.

Diakuinya, pengaruh budaya luar saat ini menjadi suatu tantangan yang kita hadapi dalam suatu komunitas masyarakat yang berpengaruh dalam membentuk pola hidup dan perilaku sosial.

“Dengan adanya festival budaya mihing manasa ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam upaya melestarikan budaya sekaligus mewujudkan ketahanan social ditengah pengaruh budaya asing yang senantiasa mempengaruhi kehidupan Masyarakat melalui arus komunikasi dan teknologi informasi sekarang ini,” tutur Herson.

Pun dengan pameran pembangunan, mantan Kepala Bappeda Provinsi Kalteng itu menyebutnya sebagai sarana dalam memperkenalkan kemajuan pembangunan yang telah kita capai selama 22 tahun Kabupaten Gumas.

“Melalui kegiatan ini menjadi ajang dalam memperkenalkan produk inovasi kreatif yang dikakukan oleh masyarakat,pelaku usaha seperti Usaha Kecil Menengah (UKM), Industri Kecil Menengah (IKM) dan Pengusaha Besar Swasta. Dalam pembangunan suatu daerah, dilaksanakan oleh tiga pilar utama, yaitu pemerintah,dunia usaha dan masyarakat,”terangnya.

Ia menegaskan, keberhasilan pembangunan juga ditentukan oleh seberapa kuat masing-masing komponen tersebut [pemerintah,dunia usaha dan masyarakat] memberikan kontribusi secara berkualitas dan berkelanjutan.

“Dengan adanya pameran pembangunan ini, kita mengharapkan tumbuh minat para pelaku usaha baru dalam Masyarakat,terutama dikalangan generasi muda sehingga dapat tumbuh mandiri, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah khususnya di Kabupaten Gunung Mas,”ujar Herson.

Ketua panitia Barthel menyampaikan tujuan kegiatan, sebagai upaya untuk melestarikan berbagai jenis dan ragam budaya sekaligus memperagakan seni dan keterampilan serta sebagai sarana dalam memperkenalkan produk inovasi kreatif yang dilakukan oleh masyarakat, pelaku usaha kecil dan menengah dan pengusaha besar swasta.

“Kegiatan dilaksanakan sejak 16 sampai 20 Juni 2024. Untuk festival budaya mihing manasa mempertandingkan 14 cabang lomba dengan jumlah peserta dari 12 kecamatan sebanyak 1.223 orang,” ujar Barthel yang juga Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gumas.

Turut hadir, ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar,unsur forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Richard, kepala perangkat daerah,staf ahli bupati,asisten,ketua dan anggota TP PKK,camat se-Gumas,perwakilan tokoh agama/masyarakat/pemuda dan tamu undangan lainnya. (Nov/Lsn)

 

 

 

 

 

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait