Pelaku Usaha Diminta Tidak Menjual Dagangannya di Atas Trotoar

Sejumlah personil Satpol PP Kabupaten Katingan saat melakukan patroli dan meminta kepada pedagang burung agar tidak berjualan di atas trotoar yang ada di sekitar jalan Revolusi – Kasongan, belum lama ini. (Media Dayak/lst)
Kasongan, Media Dayak 
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Satpol PP dan Damkarmat) Kabupaten Katingan Pimanto, melalui sekretarisnya, Budiman Gaol meminta kepada semua pelaku usaha (pedagang) agar tidak menjual dagangannya di atas trotoar atau drainase. Permintaannya ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Jum’at pagi (3/5/2024) di ruang kerjanya. 
Karena, jika berjualan di atas trotoar menurut Budiman Gaol, selain mengambil hak pengguna jalan, utamanya hak pejalan kaki, kian hari akan semakin mempersulit saluran air yang ada di drainase yang ditutupi oleh tertutupi jualan tersebut, juga mempersempit alur lalulintas jalan tersebut. “Bahkan akan menimbulkan tersumbatnya air di drainase tersebut,” kata Budiman Gaol. 
Kalau air di dalam drainase itu sampai tergenang dalam beberapa hari atau sampai berbulan-bulan menurutnya selain akan mebimbulkan bau tidak sedap lantaran mengalami penyempitan saluran airnya, bahkan sampai mengalami  penyumbatan, tidak menutup kemungkinan pula akan menimbulkan banjir di sekitar tempat berjualan hingga meluap ke badan jalan. “Hal ini yang kita khawatirkan dan tidak kita inginkan bersama,” kata Budiman Gaol. 
Yang tidak kalah pentingnya juga dirinya meninta dengan tegas kepada pelaku usaha agar tidak menambah knopi terlalu menjuntai ke depan hingga mengganggu pengguna jalan. Karena kendaraan yang melewati jalan di pasar tersebut tidak hanya kendaraan roda dua saja, tapi juga kendaraan roda empat, bahkan truk pengampas barang. “Jika knopinya terlalu panjang tentu saja mengganggu pengampas barang yang akan mengantar barang dagangan kepada pelaku usaha di pasar tersebut.
Menjawab pertanyaan media, dirinya membenarkan bahwa Satpol PP bidang ketertiban umum memang setiap hari mengadakan patroli ke sejumlah lingkungan di beberapa pasar, baik di pasar yang ada di Kasongan maupun di Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir. “Tujuannya selain mensosialisasikan Perda untuk memberikan kenyamanan berusaha bagi pelaku usaha, juga agar tata kota Kasongan sebagai ibukota Kabupaten Katingan terlihat indah dan asri dipandang oleh kita semua,” pungkasnya. (Kas/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait