Orangtua Diharapkan Dorong Anak-anak untuk Gemar Membaca 

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Duwel Rawing (Media Dayak /Yanting)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
Dengan gemar membaca secara teratur dapat membantu anak-anak menjadi pelajar yang lebih aktif, kritis, dan mandiri. Melalui kegemaran membaca, anak-anak dapat mengeksplorasi dunia, memperluas wawasan, dan meraih potensi secara maksimal dalam berbagai bidang studi dan kehidupan.
 
Oleh karenanya Anggota DPRD Provinsi Kalteng Duwel Rawing meminta kepada orangtua untuk tidak hanya mendorong anak untuk dapat menemukan bakat dan minat anak-anak saja.
 
“Akan tetapi bersamaan dengan hal tersebut juga, orangtua diharapkan dapat menumbuhkan budaya gemar membaca kepada anak. Karena peran orang sebagai orang terdekat sangatlah penting untuk menumbuhkan budaya gemar membaca kepada anak, khususnya sejak usia dini,” kata Duwel Rawing, Rabu (1/5/2024).
 
Ia mengingatkan semua orang tua agar tidak mengabaikan pendidikan gemar membaca di lingkungan keluarga. Lantaran, dengan gemar membaca secara tidak langsung akan membuka wawasan anak sejak usia dini.
 
“Karena memang sejatinya, budaya gemar membaca bukan hanya menjadi tugas dari pihak sekolah saja. Tentu lah peran orangtua dibutuhkan bahkan justru lebih besar dalam upaya menumbuhkan minat baca pada anak,” terangnya. 
 
Menanamkan budaya gemar membaca kepada anak usia dini diakui Duwel Rawing sebagai upaya yang tidak mudah. Terlebih di era teknologi seperti saat ini. Dimana kebanyakan anak sudah terbiasa menggunakan smartphone.
 
“Akan tetapi jika dilakukan secara perlahan dan sabar, saya yakin orangtua dapat memberikan edukasi kepada anak-anaknya tentang pentingnya gemar membaca sejak dini, dengan memberikan fasilitas berupa buka atau media pembelajaran yang menarik agar dapat menumbuhkan minat dari anak,” tutupnya (Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait