Objek Wisata Alam Lamandau Diprediksi Diserbu Pengunjung Saat Pergantian Tahun

Pemandangan di Bukit Sampuraga Desa Karang Besi Kecamatan Belantikan Raya dan air terjun Silingan Muhur di Desa Hulu Jajabo. (Foto Jurnalis Warga)

Bacaan Lainnya

Nanga Bulik, Media Dayak

   Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah (Kalteng), memprediksi sejumlah objek wisata alam yang ada di kabupaten setempat bakal dikunjungi sekitar seribuan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Untuk jumlah riilnya baru kami ketahui nanti melalui laporan dari pengurus Kelompok Sadar Wisata dan dari kepala desa, kami perkirakan jumlahnya akan meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Lamandau, Frans Effendi di Nanga Bulik, Kamis (27/12)

Frans menjelaskan, di Bumi Bahaum Bakuba ada beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi pada perayaan hari besar keagamaan seperti lebaran Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan liburan tahun baru, seperti objek wisata air terjun Silingan Muhur yang terletak di Desa Hulu Jajabo, 15 kilometer sebelah barat, Desa Kudangan, air terjun Sangilipan di Kecamatan Delang, serta kolam renang Sendang Biru.

Saat liburan Natal dan tahun baru kali ini masyarakat yang akan berwisata dapat menikmati sensasi lainnya karena bertepatan dengan musim buah durian.

“Sekarang di beberapa desa juga sedang musim buah durian, jadi wisatawan dapat menikmati lezatnya buah durian sembari menikmati pemandangan alam,”imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Delang, Roni Pakili menyampaikan di Kecamatan Delang terdapat beberapa objek wisata yang sangat indah, seperti air terjun Hulu Jajabo dan wisata susur sungai di Desa Lopus.

Wisatawan yang berlibur nantinya juga dapat menikmati sensasi berburu buah durian di hutan. Tentu saja objek wisatawan yang begitu indah tersebut menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin melihat pemandangan asli yang ekosistem dan alamnya terjaga dengan baik.

“Hutan, sungai dan budaya di Kecamatan Delang masih terjaga dengan baik. Di sinilah kita bisa menikmati indahnya panorama alam yang sesungguhnya,”jelasnya.

Selain di Delang, keindahan panorama alam juga dapat disaksikan di Kecamatan Belantikan Raya, yakni Bukit Sampuraga yang berada di Desa Karang Besi. “Bukit Sampuraga begitu indah dengan awan-awan putih yang mengelilingi bukit tersebut, sangat cocok untuk berkemah,”pungkas Epi. (Ant)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *