Kontingen Barito Utara Ikuti Lomba Perahu Hias

LOMBA PERAHU HIAS-Kontingen Kabupaten Barito Utara ikuti lomba perahu hias dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di Pelabuhan Flambayon Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).(Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) antusias mengikuti lomba Perahu Hias, dalam rangka memeriahkan kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2024 yang dilaksankan di Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Adapun beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan Pelabuhan Flambayon Kota Palangkaraya. Kegiatan lomba Perahu Hias kali ini diikuti Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah yang dibuka secara resmi oleh Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Propinsi Kalimantan Tengah Herson Aden.

Kadis Budparpora Kabupaten Barito Utara Hj Annisa Cahyawati meyampaikan hal ini bertujuan untuk meningkatakan bidang pariwisata serta menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya yang ada di Kalimantan Tengah.

“Adapun tema yang dibawa Kabupaten Barito Utara Tradisi Potong Hompong tradisi ini yaitu peyambutan tamu yang baru saja menginjakan kaki di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang biasanya dilakukan oleh masyarakat suku Dayak Kabupaten Barito Utara,.” Kata dia.

Potong hompong kata Kadis Budparpora diperuntukan sebagai penghormatan kepada tamu sekaligus kilas balik peninggalan nenek moyang yang terus dilestarikan dengan semboyan daerah Iya Mulik Bengkang Turan.(lna/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait