Kepala Desa Linon Besi I : Layanan JKN Mantap, Jadi Kepercayaan Masyarakat

DAMPINGI ANAK BEROBAT-Kepala Desa Linon Besi I Kecamatan Gunung Purie, Rosalia dampingi anaknya berobat rawat inap di RSUD Muara Teweh didampingi petugas BPJS SATU! (Siap Membantu), Selasa (11/6/2024).(Media Dayak:dok.BPJS Kesehatan)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Seiring dengan cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC), layanan JKN juga dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Hal tersebut diungkapkan salah satunya oleh Rosalia (29) selaku Kepala Desa Linon Besi I, Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah yang disaat bersamaan tengah menemani anaknya, Ahmad Lutvan (5) menjalani rawat inap di RSUD Muara Teweh. Senin (11/6/2024).

“Awalnya ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Muara Teweh untuk membawa anak saya yang demam tinggi dan tiba-tiba tidak bisa berjalan, tindakan yang cepat langsung diberikan oleh dokter di IGD, hingga dirawat inap untuk observasi lanjutan, layanan JKN di RSUD Muara Teweh mantap,” ucapnya saat dikunjungi petugas BPJS SATU! (Siap Membantu).

Dikatakan Rosalia setelah tiga hari menjalani rawat inap kondisi anaknya kini berangsur membaik, demam telah berkurang namun masih diperlukan pemeriksaan di bagian kaki yang masih belum kuat untuk berdiri.

“Jadi sudah sempat dilakukan pemeriksaan rontgen juga untuk melihat kondisi dibagian tulang kaki, dan hasil rontgennya bagus, sehingga masih diperlukan observasi dan tindakan lanjutan untuk melihat perkembangan dan kemungkinan kalau ada sakit lainnya,” tambah Rosalia.

Ia pun mempercayakan untuk pengobatan anaknya melalui layanan JKN sebab dari layanan yang dirasakannya sudah terasa mudah dan semua biaya pengobatan telah ditanggung oleh Program JKN.

“Pertama kali saat ingin berobat, saya cukup menunjukkan NIK saja, sudah bisa dijamin sepenuhnya dari JKN, ini terasa sangat membantu dan saya percayakan untuk perawatan anak saya hingga sembuh dapat berjalan baik disini,” terang dia.

Sebagai Kepala Desa, Rosalia juga menyebut bahwa Program JKN menjadi andalan bagi masyarakat diwilayahnya untuk dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa khawatir lagi terkendala biaya.

“Banyak masyarakat di desa yang juga menggunakan layanan JKN, baik bagi mereka yang bayar sendiri maupun yang sangat terbantu karena telah didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara, jaminan kesehatan bagi masyarakat menjadi sangat penting dan sudah sangat diperhatikan disini,” pungkasnya.(lna/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait