Kadinkes: Tidak Ada KLB DBD Di Gumas

dr Maria Efianti (Kadinkes Gumas)

Kuala Kurun,Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), dr Maria Efianti, menyatakan sampai saat ini tidak ada KLB (Kejadian Luar Biasa) di Gumas terkait penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue).

“Kita semua tidak ingin hal itu (KLB DBD) terjadi. Kami (Dinkes) sudah lakukan intervensi terkait DBD, seperti pengendalian vektor, surveilans epidemiologi, penyuluhan, monitoring, evaluasi, pemberian abate, fogging, pemberantasan sarang nyamuk dan lainnya. Intervensi yang kami lakukan membuat DBD tidak menimbulkan KLB dan itu (intervensi) tahun ini tetap kita lakukan sampai penyakitnya diminimalisir dimasyarakat,” ungkapnya, Senin (14/1).

“Jumlah masyarakat yang terkena DBD pun sifatnya fluktuatif. Di minggu ke 50 tahun 2018, penderita DBD ada 18 kasus dan akhir Desember 2018 terdapat 12 kasus. Penurunan kasus diakhir Desember 2018 itu sebagai hasil intervensi yang kami lakukan. Kami berharap tahun ini penderita DBD berkurang bahkan zero case,” sambungnya.

Penanganan pasien (warga) yang terkena DBD, ujar Maria, dilakukan berdasarkan gejala, kemudian penyelamatan pasien oleh dokter maupun tenaga kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit secara maksimal sampai pasien sembuh.

“Kendati ada intervensi dari kami, yang terpenting juga adalah peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Kalau lingkungan bersih, tidak ada tempat untuk nyamuk bersarang,” ujarnya.

Maria menyebut, nyamuk yang membawa virus dengue biasanya berkembang biak di genangan air, seperti ban mobil, juga di tempat sampah, drainase yang kotor dan tempat lainnya yang memungkinkan nyamuk bersarang.

Dia pun menegaskan, masalah kesehatan merupakan tanggungjawab semua (masyarakat dan pemerintah). Kesehatan merupakan hak asasi semua orang, sehingga semua orang wajib menjaga kesehatannya, salah satunya terhindar dari DBD, dengan cara membersihkan bak mandi seminggu sekali, perhatikan perabotan rumah tangga yang menampung air, menggunakan kasa nyamuk, tidak menggantung baju terlalu lama dan menggunakan kelambu saat tidur. (Nov)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *