Anggota DPRD Provinsi Kalteng Okki Maulana. (Media Dayak/ist)
Palangka Raya, Media Dayak
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Okki Maulana kembali mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah, khususnya di daerah pedalaman.
Peningkatan ini mencakup pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, penguatan tenaga pengajar, serta pengembangan fasilitas pendukung lainnya demi menciptakan pendidikan yang merata dan berkualitas.
Ia menyatakan bahwa pemerataan kualitas pendidikan masih menjadi tantangan besar, terutama di daerah terpencil yang minim fasilitas dan tenaga pendidik. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya perhatian serius dari pemerintah provinsi dalam meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh.
“Pendidikan adalah kunci kemajuan. Kita harus memastikan semua anak, baik di perkotaan maupun di pedalaman, memiliki akses yang sama terhadap pendidikan berkualitas,” ujar Okki, Senin (25/11/2024).
Ia menyoroti bahwa beberapa sekolah di pedalaman masih kekurangan guru dan fasilitas dasar seperti ruang kelas yang memadai, laboratorium, dan perpustakaan. DPRD berharap pemerintah segera mengatasi permasalahan ini agar anak-anak di daerah terpencil tidak tertinggal.
“Tenaga pengajar yang kompeten dan fasilitas yang layak adalah fondasi utama dalam pendidikan. Kami meminta pemerintah untuk memberikan prioritas pada hal ini,” tegasnya.
Selain infrastruktur fisik, ia juga mendorong integrasi teknologi dalam pendidikan, terutama untuk wilayah yang sulit dijangkau. Menurutnya, pengadaan perangkat digital dan pelatihan guru dalam teknologi pendidikan dapat menjadi solusi untuk memperluas akses pendidikan.
Dikatakannya, bahwa teknologi bisa menjadi jembatan bagi siswa di pedalaman untuk mendapatkan materi pendidikan berkualitas. Dari itu perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.
“Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang harus diprioritaskan. Dengan pendidikan yang baik, kita membangun pondasi yang kuat untuk masa depan Kalteng,” pungkasnya.(Ytm/Lsn)