DPRD Angkat Topi Bupati Serahkan Mobil ke KPU

Ketua DPRD Gumas Akerman G Sahidar. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menyambut baik Bupati Jaya S Monong menyerahkan hibah dua unit mobil double gardan/cabin kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat.

“Hibah kendaraan operasional itu dapat semakin memperlancar KPU dalam melaksanakan tugas-tugasnya menjelang pemilu dan pilkada tahun 2024,” kata Ketua DPRD Gumas Akerman G Sahidar melalui sambungan telepon, Senin (27/3).

Politikus PDI Perjuangan itu berharap perawatan secara berkala oleh KPU terhadap kendaraan hibah yang diterima akan menjaga kondisi mesin dalam performa yang maksimal sehingga usia kendaraan akan panjang.

Disisi lain, Aker mengingatkan KPU dapat mengakomodir warga yang memiliki hak pilih supaya terdata dengan baik sehingga masuk pada daftar pemilih untuk pemilu dan pilkada 2024.

Bupati Gumas Jaya S Monong menyerahkan hibah dua unit mobil double gardan/cabin kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah setempat.

Jaya menyampaikan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, salah satu kondisi yang harus dihadapi KPU Gumas adalah infrastruktur jalan yang masih belum memadai, sehingga perlu sarana transportasi yang mampu menembus medan dan jalan yang berat.

“Pemerintah memang bukan penyelenggara pemilu,namun pemerintah punya tanggung jawab memberi support sehingga pemilu lancar. Salah satu bentuk dukungan pemrintah adalah membantu distribusi logistik dan kendaraan operasional,” kata Jaya.

Menurutnya, tahun anggaran 2022 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas telah menganggarkan hibah berupa barang kepada KPU Gumas, dan saat ini telah direalisasikan dalam bentuk dua unit kendaraan operasional roda empat tipe double gardan/cabin senilai 931 juta.

Segera menyusul hibah barang berikutnya berupa tiga unit kendaraan operasional roda dua tipe trail dan enam unit kendaraan operasional roda dua tipe bebek yang saat ini masih dalam proses pengadaan barang dengan pagu anggaran 265,4 juta.

“Harapan saya seluruh bentuk dukungan tersebut kiranya dapat menjamin kelancaran pelaksanaan pemilu sehingga seluruh tahapan berlangsung aman, jujur, adil dan tertib serta secara umum dapat membantu KPU dalam menjalankan tugas dan fungsinya yang lebih luas,” tutur Jaya.

Ketua KPU Stepenson menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan Pemkab Gumas. Hibah kendaraan operasional sebagai bentuk dukungan untuk lebih memaksimalkan pelaksanaan tugas KPU di lapangan.

“Ini [hibah kendaraan] sebagai bentuk partisipasi pemerintah dalam rangka menunjang kesusksesan pelaksaan pemilu dan pilkada 2024,” kata Stepen.

Sebagai penyelenggara pemilu dan pilkada, Stepen mengaku pihaknya sebelumnya menyampaikan usulan hibah kendaraan operasional ke Pemkab Gumas. Usulan  direspon dengan baik dan kemudian dilakukan penyerahan hibah kendaraan operasional kepada KPU. (Now/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait