Disnakertranskop UKM Gelar Pelatihan Transformasi Digital Koperasi Menuju Koperasi Modern

FOTO BERSAMA KADIS NAKERTRANSKOP UKM-Peserta pelatihan foto bersama dengan Kadis Nakertrasnkop UKM Barito Utara, M Mastur didampingi Sekdis Nakertranskop UKM, para kabid usai pembukaan pelatihan di aula Barakati, Senin (27/5).(Media Dayak:Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara menggelar kegiatan pelatihan transformasi digital koperasi menuju koperasi modern, di aula barakati Muara Teweh, Senin (27/5).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh kadis Nakertranskop UKM Barito Utara, M Mastur dan dihadiri, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang lingkup Disnakertranskop UKM, para peserta pelatihan transformasi digital koperasi menuju koperasi modern.

“Pemberdayaan dan pengembangan SDM insan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Barito Utara sangat dibutuhkan, hal ini dalam rangka upaya menciptakan pengelola-pengelola Koperasi dan UMKM yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kompetensi dalam mengelola koperasi dan umkm yang profesional dan moderen,” kata M Mastur saat membuka kegiatan tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut kata dia diperlukan upaya program dan kegiatan yang selaras dengan tujuan tersebut. Untuk mewujudkannya sangat diperlukan kerjasama, sinergistas dan kolaborasi stakeholder terkait lainnya.

Mastur juga menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan perwujudan dari salah satu program Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara dalam upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing koperasi.

“Sehingga diharapkan terwujudnya koperasi yang maju, sehat, moderen dan bermanfaat bagi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya,” kata Mastur lagi.

Lebih lanjut Mastur mengatakan koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha yang harus mampu melek terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat dan canggih.

Sehingga jelasnya Koperasi dan UMKM perlu memahami, menguasai dan melakukan transformasi digital, agar koperasi dan umkm dikelola secara profesional dan moderen “Koperasi Keren dan UMKM Naik Kelas“.

“Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, saya berharap kiranya nara sumber berkenan menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh peserta, sehingga ilmu dan pengetahuan yang diterima dapat diterima dan diaplikasikan dengan baik dilapangan,” katanya.

Mastur juga meminta lepada peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan pelatihan ini sampai selesai dan sungguh-sungguh, disiplin dan aktif bertanya serta berdiskusi dengan instruktur dan pengajar.

“Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan mampu menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di koperasinya masing-masing, sehingga koperasi dapat berkembang dan dikelola secara profesional dan moderen dengan demikian diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap penciptaan lapangan pekerjaan, penanggulangan inflasi daerah dan pengangguran di daerah ini,” pungkasnya.

Kepala Bidang Koperasi, yang juga ketua panitia, Hj Sri Rahmah mengatakan dalam kegiatan pelatihan transformasi digital koperasi menuju koperasi modern diikuti sebanyak 20 orang peserta.

Dikatakannya, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menambah  pengetahuan dan keterampilan bagi pengurus, pengawas dan anggota koperasi dalam mengembangkan pengetahuan tentang pemasaran usaha koperasi secara online.

“Untuk narasumber pada kegiatan ini dari Dinas Nakertranskop UKM dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Palangka Raya. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 27-29 Mei 2024,” kata dia.(lna/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait