Dihadiri 11 Pengurus Daerah, Candra Terpilih Aklamasi Pimpin Karang Taruna Kalteng

Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Eddy Karusman foto bersama panitia TKD serta pengurus Karang Taruna yang hadir di kegiatan TKD Kurang Taruna di aula Dinsos Provinsi Kalteng, Kamis (30/3). (Media Dayak/ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Dihadiri oleh sebelas (11) Pengurus  Kabupaten Candra Adinata terpilih secara aklamasi pada Temu Karya Daerah (TKD) Karang Taruna Kalteng yang di gelar Aula Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Kamis (30/3). 
 
Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Eddy Karusman mengatakan, sebagai pembina umum Karang Taruna di Bumi Tambun Bungai, dirinya berharap TKD ini dapat memperoleh hasil yang baik dan mendapatkan pemimpin yang tepat untuk periode 2023-2028.
 
“Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu ada kegiatan yang sama juga ada TKD, tetapi setelah adanya penolakan, kita berkoordinasi dengan pemerintah pusat sehingga terlaksananya kegiatan ini. Kami dari Pemprov mengapresiasi Karang Taruna yang telah melaksanakan kegiatan ini,” katanya kepada awak media.
 
Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana TKD Karang Taruna Kalteng, Arjoni mengungkapkan TKD ini dilaksanakan berdasarkan pertama, Permensos No 25 tahun 2019 Tentang Karang Taruna. Kedua, adanya penolakan hasil temu karya yang dilaksanakan 22 Januari 2023 oleh delapan kabupaten. 
 
“Ketiga, Surat Kemensos No 44/5/PB.04/03/2023 Tentang Temu Karya Daerah Karang Taruna Kalteng. Terakhir SK Dinas Sosial Provinsi Kalteng tentang pelaksanaan TKD Kalteng tahun 2023,” bebernya.
 
Sementara itu, Ketua Karang Taruna terpilih pada TKD tersebut, Chandra Ardinata mengatakan, pada kegiatan TKD ini, ada 11 kabupaten yang menghadiri. Pasalnya, yang memegang mandat ada di setiap Kabupaten. 
 
Ia menyebut, bahwa Karang Taruna berbeda dengan organisasi lain. Lantaran, Karang Taruna adalah organisasi dari bawah ke atas, artinya kalau tidak ada kepengurusan di desa atau kelurahan maka tidak ada di kecamatan, begitu pula sampai ke Provinsi maupun pusat.
 
Ia mengharapkan Karang Taruna mampu terus bersinergi, sementara untuk dinamika yang saat ini terjadi di Karang Taruna, pihaknya serahkan ke konstitusi, dalam hal ini ialah Dinas Sosial, yang memegang mandat pelaksanaan temu karya ini. 
 
“Harapan kami adalah karang taruna semakin berjaya di Kalteng dengan visi kita bagaimana Karang Taruna bisa bersinergi dan satu frekuensi untuk kejayaan karang taruna kedepannya,” tutupnya berharap (YM/AW)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait