Camat Dusun Timur Minta BPD Mulai Jaring Aspirasi Masyarakat

Camat Dusun Timur, Ristanto Pratomo

 

Bacaan Lainnya

Tamiang Layang, Media Dayak

Camat Dusun Timur Ristanto Pratomo meminta Badan Permusyawaratan Desa atau BPD sebagai wakil rakyat di tingkat desa agar mulai menjaring aspirasi masyarakat desa yang akan diusulkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang dan dimasukkan dalam APBDes maupun APBD 2023.

“Kegiatan dalam APBD itu kan cuma dua yaitu dari Musrenbang dan Pokir (pokok pikiran) DPRD. Di luar itu gak bisa, harus lewat usulan sesuai Permendes nomor 21 tahun 2020 tentang Musrenbang,” jelasnya di kantornya, Senin (20/06).

Ristanto menjelaskan, selama tiga tahun terakhir pembangunan di desa mengalami penurunan atau tertunda akibat dana yang terbatas karena sebagian besar dialihkan untuk penanganan pandemi covid-19.

Karena itu, dia berencana pada Musrenbang tingkat desa akan mengundang dinas-dinas terkait seperti dinas pertanian dan ketahanan pangan, dinas perikanan dan peternakan, dinas perdagangan, koperasi dan UKM serta dinas terkait lainnya untuk hadir sehingga dapat memaparkan program yang ada di dinas tersebut.

“Supaya masyarakat desa juga tahu bahwa sebenarnya ada banyak program pemerintah daerah yang dapat menyentuh hingga ke desa-desa dan masyarakat tidak hanya mengusulkan pembangunan infrastruktur jalan saja,” jelas Camat.

Selanjutnya, dengan turun langsung ke desa, dinas terkait juga dapat mengetahui desa mana saja yang siap untuk menjalankan program yang digulirkan oleh dinas tersebut.

Menurut Ristanto, dalam Permendes Nomor 21 tahun 2020 disebutkan idealnya Musrenbang tingkat desa dilakukan bulan Juni hingga September.

“Makanya kita mendorong agar BPD mulai jalan menyerap aspirasi masyarakat karena nanti yang hadir dalam Musrenbang adalah perwakilan kelompok masyarakat,”jelasnya. (TL/RHF)

image_print

Pos terkait

Berita Olahraga Pilihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.