Bupati Jaya Tutup Lomba Giat Penggalang

Bupati Gumas Jaya Samaya Monong resmi menutup Lomba Giat Penggalang Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gumas di Halaman SMPN 3 Tewah, Minggu (5/5/2024) sore. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong menutup Lomba Giat Penggalang (LGP) Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gumas di Halaman SMPN 3 Tewah, Minggu (5/5) sore.

Pada sambutannya, Jaya menyampaikan LGP merupakan ajang untuk meningkatkan persatuan anggota pramuka, menanamkan jiwa dan semangat sportifitas, solidaritas,dan disiplin serta membina generasi muda yang strategis.

“Lomba giat penggalang ini digelar dalam bentuk perlombaan keterampilan kepramukaan,”ujar Jaya.

“Ada banyak keterampilan kepramukaan yang diperlombakan, diantaranya lomba Tata Letak Tenda Terbaik, lomba Pioneering, lomba SMS (Sandi, Morse dan Semaphore),lomba Pakar Tenda (Pasang dan Bongkar Tenda), lomba Penggalang Tangkas Halang Rintang, Lomba Memasak, lomba Hasta Karya, Lomba Senam Pramuka dan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB),”tuturnya.

Menurut Jaya, menang atau kalah dalam suatu perlombaan itu sudah biasa, namun semangat dan kebersamaanlah yang diharapkan karena dengan kebersamaan akan menumbuhkan rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka.

“Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa yaitu dalam memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir,”kata Jaya.

“Karakter ini dibentuk dari kegiatan alam yang biasanya dilakukan oleh organisasi kepramukaan,” ucapnya menutup.

Turut hadir, unsur Forkopimcam, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gumas Ny Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, camat  selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka se-Gumas,Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Gumas, pelatih dan pembina Pramuka, adik-adik Dewan Kerja dan undangan lainnya. (Nov/Lsn)

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait