BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Sosialisasikan Program di Kegiatan Jobfair Kalteng Expo 2024

Tim dari BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya hadir di kegiatan Job Fair di Acara Kalteng Expo 2024 .(Media Dayak/ist)
 
Palangka Raya, Media Dayak 
 
BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya berpartisipasi dalam kegiatan Job Fair yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) di  Pameran Kalteng Expo 2024 di a Temanggung Tilung, Palangka Raya. 
 
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja kepada para pencari kerja serta meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya perlindungan sosial bagi pekerja.
 
Perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Harry Khairul dalam kesempatan tersebut menjelaskan manfaat yang diterima oleh peserta dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) adalah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja. 
 
Mulai dari perjalanan pergi, pulang dan di tempat kerja, perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48x upah.
 
Santunan cacat total hingga maksimal sebesar 56x upah, dan bantuan beasiswa maksimal sebesar Rp174 juta untuk maksimal dua orang anak sejak masuk taman kanak-kanak (TK) hingga anak pekerja lulus dari bangku kuliah.
 
Sedangkan program Jaminan Kematian memberikan manfaat berupa santunan kepada ahli waris sebesar Rp42 juta yang terdiri dari santunan kematian yang diberikan secara sekaligus dan berkala selama 24 bulan serta bantuan biaya pemakaman. 
 
“Ditambah dengan bantuan beasiswa yang sama dengan manfaat JKK yaitu untuk dua orang anak dengan maksimal Rp174 juta,” ujar Harry, Selasa (14/5/2024)
 
Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Budi Wahyudi, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki perlindungan sosial bagi para pekerja.
 
“Tentunya, partisipasi BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya dalam job fair ini adalah salah satu langkah strategis kami untuk menjangkau lebih banyak pekerja, termasuk mereka yang baru memasuki dunia kerja,” terangnya.
 
Ia menyebut, melalui partisipasi aktif dalam berbagai acara seperti job fair, BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat.
 
“Serta memastikan seluruh pekerja di Provinsi Kalteng mendapatkan perlindungan yang layak demi meningkatkan kesejahteraan dan keamanan dalam bekerja,” tutup Budi (Rls/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait