AFP Kalteng Siap Gelar Liga Futsal Nusantara Babak 36 Nasional 

 
 
Palangka Raya, Media Dayak
 
Berbagai persiapan yang dilakukan oleh Asossiasi Futsal Provinsi Kalteng dalam menyiapkan sarana dan prasarana dimana ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Liga Futsal Nusantara babak 36 Nasional, di Palangka Raya, Kalteng. Hal ini selain menjadi Sejarah, selama kepengurusan futsal belum pernah melaksanakan kompetisi futsal sekala nasional yang dipercaya, saat ini dibawah asuhan langsung oleh Ketua AFP Kalteng Sutoyo, hal tersebut secara bertahap dapat dijalankan.
Setelah ditunjuk dan mendapatkan SK sejak Februari 2024 lalu, Sutoyo bersama sejumlah pengurus langsung bergerak cepat untuk membangkitkan futsal di Kalteng, setelah beberapa tahun tidak ada terlihat kegiatan futsal Kalteng. Dalam waktu tiga bulan, dimana bulan April sudah melaksanakan kursus wasit futsal level II dan bulan Mei kursus pelatih futsal nasional, pada bulan April melaksanakan Liga Nusantara Provinsi Kalteng, hingga pada Juli 2024 akan menggelar Liga Futsal Nusantara babak 36 Nasional, yang dipercaya menjadi tuan rumah.
“Ini berkat semua pecinta futsal yang membantu dan membangkitkan kembali olahraga futsal. Yang jelas kami komitmen untuk membuat program peningkatan SDM dan juga kompetisi usia dini, untuk meningkatkan futsal baik di kancah Kalteng dan nasional, termasuk juga nantinya menghadapi PORPROV dan Pra PON menuju PON 2028. Memang hal itu perlu waktu, namun dengan upaya yang kami lakukan, AFP Kalteng optimis dapat menjalankan dengan baik,” kata Sutoyo, usai melakukan rapat kordinasi kesiapan LFN, di kantornya, Jumat (28/6/2024), petang. 
Dijelaskan pria yang juga menjadi Kepala Dinas DPMPTSP Provinsi Kalteng itu, kegiatan tersebut juga didukung oleh Gubernur, Wakil Gubernur, Pemprov Kalteng serta pecinta futsal, termasuk KONI Kalteng, sehingga berbagai kegiatan futsal di Kalteng dapat dilaksanakan dengan bertahap dan bagus.
“Kami juga terus koordinasi dengan Pemprov Kalteng, KONI Kalteng hingga pecinta futsal, untuk menjalankan berbagai program futsal. Ini juga dorongan dan dukungan dari bapak Gubernur, Bapak Wakil Gubernur serta Sekda Kalteng dan seluruh OPD yang memberikan arahan serta semangat dalam meningkatkan olahraga, salah satunya futsal,” tegas Sutoyo. 
Sutoyo menjelaskan, AFP Kalteng berharap kepada semua pihak, mulai dari orangtua, guru guru, termasuk pengusaha yang ada di Kalteng turut berperan serta mensosialisasikan pentingnya berolahraga termasuk olah raga futsal sehingga ada kegiatan positif dari anak anak kalteng, dimana bisa mengurangi waktu anak anak terhindar dari potensi menggunakan gadget atau main game yang tidak karuan.
Mengenai kesiapan, tambah pria yang juga suka olahraga futsal tersebut, AFP Kalteng sudah melakukan berbagai koordinasi baik kepada pihak Kepolisian, Pemerintah Provinsi, KONI Kalteng, FFI hingga peserta hingga panitia pusat, termasuk juga merapihkan lapangan dan lainya. 
“Mohon doanya kepada seluruh Masyarakat Kalteng, AFK Kabupaten/Kota, semoga dengan menjadi tuan rumah kompetisi futsal nasional ini, Kalteng dapat meningkat dalam olahraga dan juga lebih baik lagi kedepanya untuk anak anak kita dalam olahraga Futsal,” jelasnya.  
Direncanakan kegiatan kompetisi Liga Futsal Nusantara babak 36 Nasional tersebut dilaksanakan di Gor Indoor, Jalan Tjilik Riwut km 5, Palangka Raya, tanpa dipungut biaya alias gratis,  yang dimulai pada 5-12 Juli setiap hari mulai pagi hingga sore hari.(Ist/Lsn)
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait