Stafsus BPIP Sebut AMN Manado Tempat Kaderisasi Pemimpin Masa Depan Bangsa

Oleh: Hendrik Nathanael )*

Staf Khusus (Stafsus) Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny menyebut bahwa Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado merupakan tempat kaderisasi bagi pemimpin masa depan bangsa.
Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) membangun dan menginisiasi AMN Manado sebagai wadah untuk mendidik serta membina para generasi muda penerus bangsa, yang mana kelak mereka juga akan menjadi pemimpin negeri ini.
Karena berfungsi sebagai tempat kaderisasi bagi para pemimpin masa depan bangsa yang terdiri dari para pemuda, sehingga sudah sewajarnya dalam AMN Manado seluruh generasi penerus itu akan mendapatkan didikan supaya mereka mampu melihat adanya perbedaan latar belakang antar masyarakat di Indonesia sebagai sesuatu yang menyatukan.
Tidak hanya di Manado, sebelumnya gedung Asrama Mahasiswa Nusantara juga telah berdiri megah di Kota Pahlawan Surabaya, yang mana kemudian juga akan terus digencarkan di beberapa lokasi lain menyebar seperti Makassar Sulawesi Selatan, Jakarta Selatan, Malang Jawa Timur dan Bantul.
Romo Benny mengungkapkan bahwa memang urgensi dari bangsa Indonesia yang memiliki tingkat kemajemukan tinggi adalah sangat memerlukan suatu sarana yang tepat agar mampu mempersatukan kemajemukan yang terjadi itu. Sarana tersebut yakni terealisasi dalam AMN Manado.
Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu sangat layak menjadi tempat kaderisasi para pemimpin masa depan bangsa karena mahasiswa yang menghubi gedung tersebut terdiri dari berbagai macam latar belakang saling berbeda, mereka semuanya multietnis dan multibudaya. Seluruh pemuda pada gedung tersebut beraktivitas bersama sehingga mereka mampu mengalami perbedaan dalam kehidupan secara langsung.
Mahasiswa yang menempati negeri sangat mejemuk seperti Indonesia ini mampu menyadari dan menerima serta bertoleransi atas adanya perbedaan, maka hal tersebut jelas sangat penting untuk menunjang pembangunan bangsa di masa yang akan datang.
Terlebih, tatkala contoh baik akan toleransi dalam warga negara itu sangat sukses dihadirkan oleh para mahasiswa sebagai kaum muda yang telah menerima perbedaan dengan sangat baik. Tentunya hal tersebut akan menjadi bentuk pendidikan yang baik agar generasi penerua bangsa lainnya juga mampu beradaptasi.
Sebagai informasi, program AMN Manado merupakan hasil sinergi antar berbagai pihak, lembaga atau instansi dan kementerian seperti Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Pertahanan (Kemenhan) serta Kementerian Agama (Kemenag).
Mengenai pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara yang juga akan terjadi pada banyak wilayah lainnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembangunan tersebut memang bertujuan untuk menjadikan para pemuda bisa saling mengenal satu sama lain.
Nantinya, mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah bisa saling bertemu, mereka yang dari Papua bahkan bisa mengenal dengan pemuda yang berasal dari Aceh dalam asrama tersebut. Ketika perkenalan dan pertemuan terjadi, maka diharapkan mereka bisa hidup rukun dan kompak berdampingan dengan semakin menanamkan wawasan kebangsaan yang kuat.
AMN Manado diharapkan mampu mencetak para mahasiswa yang berkarakter Pancasila dengan pengimplementasian banyak program binaan di dalamnya. Generasi penerus bangsa itu akan menjadi calon pemimpin yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, kemudian mereka juga memiliki nalar yang kritis, mudah bergotong royong, mandiri, kreatif dan menjunjung tinggi kebhinnekaan.
Perjalanan bangsa Indonesia ini ke depannya tentu sangat membutuhkan peranan dan juga sosok pemimpin yang berasal dari generasi muda saat ini. Pasalnya, mereka mampu menawarkan gagasan dan solusi baru, lantaran kepemilikan perspektif baru pada eranya, sehingga kepemimpinan para pemuda juga menjadi sangat penting.
Untuk itu, banyak pihak mulai merancang karena sangat penting untuk mampu menghadirkan para pemimpin muda, sehingga kaderisasi kepemimpinan di Tanah Air pun harus terjadi. Dengan adanya kaderisasi yang tepat melalui AMN Manado binaan BIN, maka kelanjutan perjuangan para pendiri bangsa terdahulu akan terjadi di masa yang akan datang.
Lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu berkomitmen kuat untuk mempersiapkan para kader bangsa yang berkualitas dan juga menghadirkan kaderisasi kepemimpinan melalui Asrama Mahasiswa Nusantara.

Bacaan Lainnya

Generasi muda menjadi benih utama yang terus dipersiapkan untuk mendukung penuh suksesi kepemimpinan nasional yang berkesinambungan dan berkelanjutan, baik itu secara formal ataupun secara informal.
Seluruh mahasiswa yang menghuni AMN akan mendapatkan pewarisan nilai-nilai luhur bangsa dan juga nilai-nilai kepemimpinan nasional serta wawasan kebangsaan secara rutin, terprogram dan berkesinambungan serta berkelanjutan.
Dengan demikian, maka kaum muda akan bisa mengetahui, mengerti dan memahami bagaimana penerapan seluruh nilai luhur bangsa dan nilai kepemimpinan nasional itu. Maka menjadi tidak heran mengapa AMN Manado merupakan tempat kaderisasi pemimpin masa depan bangsa terbaik saat ini.

)* Mahasiswa jurusan Sastra Universitas Klabat

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait