Program AMANAH Kumpulkan Banyak Influencer Aceh Inspiratif untuk Para Pemuda

Oleh: Cut Putri Intan

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mengumpulkan banyak influencer lokal Aceh yang sangat inspiratif untuk menggugah semangat para pemuda wilayah berjuluk Negeri Rencong tersebut.

Bacaan Lainnya

Dengan keberadaan para influencer yang Program AMANAH kumpulkan, maka hal tersebut sangat banyak sekali mendatangkan motivasi serta inspirasi bermanfaat bagi generasi muda sehingga mereka bisa terus maju berkembang.

Kemajuan dan perkembangan yang para anak muda alami tentu menjadi hal yang sangat penting, karena di tangan mereka nasib masa depan suatu daerah berada. Maka, apabila para pemuda tersebut mampu mengalami perkembangan dan kemajuan, bukan tidak mungkin pula Aceh akan mengalami hal serupa.

Lebih lanjut, bagaimana upaya Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) selaku inisiator Program AMANAH benar-benar sangat serius. Hal tersebut terwujud dengan bagaimana komitmen lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu untuk mampu mengembangkan seluruh anak muda di Aceh.

Banyak sekali langkah untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya yakni dengan mendatangkan para influencer yang mampu memotivasi dan mendatangkan banyak inspirasi bagi para generasi muda.

Tidak hanya itu, namun Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat juga terus memberikan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi mereka, yang mana dalam pelatihan tersebut terus memanfaatkan adanya perkembangan serta kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi di jaman saat ini.

Tentunya, apabila adanya kemajuan jaman tersebut mampu mendapatkan pengelolaan yang baik dan optimal, maka bukan tidak mungkin akan mendorong pada tercapainya peningkatan kesejahteraan, baik bagi para pemuda itu sendiri ataupun bagi daerah mereka.

Dalam Program AMANAH, terdapat pelatihan mengenai berbagai macam model bisnis yang tentunya sangat relevan pada jaman sekarang. Beberapa contohnya, yakni seperti bisnis dropshipping yang memungkinkan para pemuda asal wilayah berjuluk Serambi Mekkah itu mengalami peningkatan kesejahteraan dengan cara berjualan barang apapun memanfaatkan kemajuan teknologi, yakni melalui internet atau dunia digital.

Selain itu, melalui program AMANAH yang Pemerintah RI gencarkan lewat BIN, para generasi muda asal wilayah tersebut juga akan mendapatkan pelatihan dan mampu terinspirasi serta termotivasi dalam dunia bisnis media sosial sebagai content creator.

Dengan demikian, maka sebenarnya pada jaman sekarang ini sudah tidak ada lagi alasan sulit menambah pundi-pundi penghasilan, lantaran dengan adanya pemanfaatan internet yang tepat, maka mereka sangat berpotensi atau memiliki peluang untuk bisa menjadi seorang youtuber, selebgram hingga seorang tiktokers.

Tatkala mereka menjalankan bisnis di media sosial seperti menjadi seorang content creator, maka generasi muda itu akan bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti dari datangnya iklan, sponsor dan sebagainya.

Berbagai macam manfaat akan penggunaan internet secara tepat tersebut akan para anak muda itu dapatkan melalui bimbingan serta binaan dan pelatihan dari Program AMANAH, yang mana di dalamnya mereka juga akan terus terbangkit semangat serta motivasinya oleh berbagai narasumber termasuk para influencer yang datang dan saling berbagi ilmu.

Salah seorang influencer ternama Indonesia, Syakir Daulay mendukung penuh berbagai macam produk lokal asal Aceh mampu bersaing di berbagai kancah, bukan hanya pada taraf nasional saja, melainkan hingga internasional.

Kedatangan influencer tersebut terjadi dalam kegiatan pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang AMANAH adakan pada tanggal 24 hingga 26 Mei 2024 di Suzuya Mall, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

Acara tersebut bertujuan untuk memperkenalkan organisasi Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat, kemudian juga terus mendorong promosi produk kreatif dan inovatif dari para pelaku UMKM setempat, khususnya mereka yang menjadi binaan dalam Program AMANAH hingga melaju ke kancah selanjutnya untuk bisa meraih target pasar lebih besar lagi.

Menurut para influencer itu, adanya pameran yang AMANAH laksanakan merupakan salah satu upaya sangat strategis untuk bisa mendukung penuh sekaligus menjadi ajang promosi UMKM lokal yang berada di wilayah tersebut.

Pemerintah melalui BIN memang terus memberikan perhatian yang sangat serius serta besar kepada Aceh, terlebih, wilayah berjuluk Negeri Rencong itu memang memiliki kekayaan yang sangat luar biasa melimpah, yang mana dengan bekal banyaknya kekayaan tersebut sebenarnya menjadikan para anak muda di sana mampu terus menggali potensi dengan adanya dukungan AMANAH.

Apabila para pemuda tersebut mendapatkan inspirasi, motivasi dan semangat mereka mampu bangkit serta mendukung penuh berjalannya Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat, maka bukan tidak mungkin perekonomian lokal melalui UMKM akan semakin maju.

Upaya untuk mengumpulkan para influencer yang Program AMANAH lakukan merupakan langkah sangat tepat untuk bisa menggugah semangat, motivasi dan juga terus menginspirasi seluruh anak muda di Aceh.

*) Mahasiswa Psikilogi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait