Pemprov Dukung Sepenuhnya Kesuksesan Pemilihan Gubernur dan Wakil Kalteng Tahun 2024

Wagub Kalteng Edy Pratowo mengikuti Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024, Jumat (17/5/2024).(Media Dayak/MMC Kalteng)
Palangka Raya, Media Dayak 
Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo mengutarakan bahwa  Pemprov Kalteng mendukung sepenuhnya suksesi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024. 
Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Kalteng saat menghadiri acara Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2024, bertempat di Kalawa Convention Center, Jl Tjilik Riwut Km 6,5 Jumat (17/5/2024) malam.
Edy Pratowo mengatakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Tahun 2024 telah dimulai, dan pemungutan suara akan serentak dilaksanakan tanggal 27 November 2024 di seluruh Indonesia. 
Di Provinsi Kalteng, terdapat 15 Pemilihan Kepala Daerah, yaitu 1 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, 13 Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dan 1 Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.
“Pilkada ini merupakan panggung demokrasi lokal yang seharusnya kita rayakan dengan rasa gembira dan sukacita, aman, lancar, dan sukses,” tutur Wagub.
Ia mengungkapkan momentum Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur kali ini merupakan langkah awal dimulainya Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, yang diselenggarakan di Kalteng oleh KPU Provinsi, dalam rangka memilih pemimpin untuk 5 (lima) tahun ke depan.
“Perlu kita sadari bahwa, suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara, Bawaslu selaku pengawas, dan aparat keamanan TNI-POLRI, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, seluruh elemen bangsa,” ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut, ia mengimbau seluruh masyarakat, yang sudah berusia 17 tahun atau sudah/pernah menikah, agar pada 27 November 2024 nanti berbondong-bondong ke TPS, untuk memberikan hak suaranya sesuai pilihan masing-masing, dan juga pastikan diri sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap.
“Mari kita sukseskan bersama-sama Pilkada Serentak 2024, dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak suara, mewaspadai berita hoax, black campaign, money politic, isu SARA, dan intimidasi, serta terus menjaga situasi kamtibmas di Kalteng pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, agar senantiasa aman, harmonis, dan kondusif,” ucapnya.
Wagub juga berharap hal-hal yang sudah baik dapat terus dilaksanakan dan dijaga untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kalteng.
“Saya berpesan kepada KPU Provinsi beserta para penyelenggara Pilkada di Kalimantan Tengah, untuk dapat menyelenggarakan seluruh tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-Kalteng dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Pastikan tata kelola Pemilihan Kepala Daerah berjalan baik,” pungkasnya.
Ketua KPU Kalteng Sastriadi saat menyampaikan laporannya mengucapkan terima masih kepada Pemprov Kalteng serta seluruh stakeholders atas dukungan dalam rangka menyukseskan pemilu 2024 yang baru saja selesai.
“Kesuksesan penyelenggaraan pemilu tidak akan terjadi jika tidak ada dukungan dari semua pihak”, ungkapnya.
Ia berharap dukungan tersebut akan terus berlanjut pada pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 mendatang yang mana saat ini sudah memasuki tahapan persiapan. Disampaikan saat ini sudah terbentuk 680 orang panitia tiap Kecamatan yang tersebar di 136 Kecamatan di Kalteng.(MMC/Ytm/Lsn)
 
 
image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait