Pemkab Kapuas Mendapatkan Apresiasi Penghargaan Juara 3 Kinerja Aksi Konvergensi Stunting

Foto Sambutan dan Paparan Wagub Pemprov.Kalteng. (Media Dayak/ hmskmf)

 Palangka Raya , Media Dayak

Bacaan Lainnya

Pemkab Kapuas melalui DP-3APPKB mendapatkan Apresiasi Penghargaan  Juara ke-3 Kinerja 8 Aksi Konvergensi Stunting pada kegiatan Rembug Stunting Provinsi Kalteng Tahun 2024, Rabu (22/5/2024) di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) secara resmi membuka kegiatan Rembuk Stunting Prov. Kalteng Tahun 2024. Sementara itu dari Pemkab Kapuas dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) dr.Tri Setyautami serta jajaran.

Mengawali sambutannya, Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menyampaikan kegiatan ini hendaknya bisa semakin memacu semangat untuk menuntaskan visi dan misi Pemprov Kalteng terutama dalam membangun sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berdaya saing, demi mewujudkan Kalteng Makin BERKAH.

Disampaikan Wagub, dalam kegiatan ini, Pemprov Kalteng akan melakukan konfirmasi, sinkronisasi, dan sinergi hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan dari Perangkat Daerah penanggung jawab indikator dalam upaya penurunan Stunting, terutama di lokasi lokus Stunting. Diharapkan agar melalui kegiatan Rembuk Stunting ini, akan didapatkan informasi mendetail mengenai berbagai programdan juga kegiatan percepatan penurunan stunting yang akan dilakukan di masing-masing kabupaten/kota.

“Saya berharap, agar kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi percepatan penurunan stunting di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, sehingga target capaian penurunan stunting sebesar 15,38 % di tahun 2024 akan dapat terealisasi, sesuai harapan kita bersama,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Leonard S. Ampung selaku Wakil Ketua TPPS Prov. Kalteng dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan bersama-sama antara Perangkat Daerah penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non pemerintahan dan masyarakat.

Dalam kesempatan ini Pemkab Kapuas Mendapatkan Apresiasi Penghargaan Juara 3 Kinerja Aksi Konvergensi stunting yang diterima Sekda Kapuas Septedy. Disisi lain, dilakukan juga Penandatangan Komitmen Pemkab Kapuas oleh Septedy.

Selain itu, mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi penurunan stunting san mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan Penandatangan Komitmen Bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Kalteng terkait Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Prov. Kalteng untuk melaksanakan 10 Aksi PASTI.

Turut hadir pada kegiatan ini yakni Sekretaris Utama BKKBN RI Tavip Agus Rayanto, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I TP-PKK Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Nunu Andriani Edy Pratowo, Bupati, Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota se-Kalteng, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal Prov. Kalteng, Kepala Bappedalitbang Kabupaten/ Kota se-Kalteng, Satgas Stunting Prov. Kalteng, Ketua TP PKK dan seluruh jajaran TPPS Kabupaten/Kota se-Kalteng.(dp3appkb/hmskmf/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait