Peduli Kesalamatan, Dishub Bagikan Jaket

Kabid Transportasi Sungai, Gutuk Gunawan SSTP

Bacaan Lainnya

Puruk Cahu, Media Dayak

    Di Kabupaten Murung Raya (Mura) banyak wilayah-wilayah yang dibelah oleh sungai Barito, sehingga di titik-titik tertentu masih banyak kita jumpai jasa penyebrangan yang menggunakan perahu.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Setempat melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Murung Raya (Mura) telah melakukan pembagian jaket keselamatan kepada pihak pengelola angkutan sungai atau penyeberangan di Desa Mangkahui Kecamatan Murung.

“Kami hanya memfasilitasi saja untuk pembagian 45 jaket tersebut sebagai tindak lanjut pembagian dari pihak Badan Pengelola Transfortasi Darat wilayah Provinsi Kalteng yang diserahkan di Terminal Wiagara,” Kata Kabid Transportasi Sungai, Gutuk Gunawan SSTP, baru-baru ini, Kamis (21/2).

Adapun tujuan dari pembagian jaket tersebut adalah untuk meningkatkan keselamatan penumpang pada angkutan sungai. Untuk itu pengelola angkutan sungai diminta supaya selalu memakai jaket tersebut kepada penupangnya sehingga ketika ada kecelakaan penumpangnya bisa selamat.

“Hal itu kita maksudkan supaya meminimalisir peristiwa atau kecelakaan pada angkutan sungai serta supaya memberi perlindungan bagi penumpangnya, dan fungsi jaket keselamatan itu merupakan salah satu unsur terpenting dalam pelayaran dan penyeberangan,” Ucapnya.

Selain itu, Gutuk berharap pembagian jaket keselamatan itu dapat mendorong para pelaku jasa penyeberangan maupun masyarakat untuk lebih peduli pada unsur keselamatan.

Untuk itu pihak pengelola angkutan sungai supaya tidak menyepelekan imbauan mengenai penggunaan jaket keselamatan tersebut. Sebab yang namanya musibah tidak ada yang tahu. Maka dari itu, diperlukan kewaspadaan dan kehatian dari pihak pengelola penyeberangan.

“Maka dari itu, pemerintah telah melakukan pembagian jaket tersebut guna meminimalisir angka kecelakaan di fery penyeberangan dan Dishub Mura akan terus melakukan pengawasan ketat terhadap aspek-aspek keselamatan dalam layanan transportasi sungai lainnya,”terangnya.(LUS/Lsn)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *