OPD Diminta Cermat Gali Potensi PAD

Anggota DPRD Gumas Rayaniate Djangkan.(Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) diminta cermat dalam menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD) sehingga kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Gumas terus meningkat.

 

Permintaan itu disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan, Selasa (14/5/2024).

Dia meminta OPD untuk tidak pasif, tapi kreatif dan inovatif dalam menjalankan kegiatan agar pendapatan daerah melalui PAD dapat terealisasi sesuai target.

 

“Kita mendukung upaya OPD untuk menggali potensi PAD demi

kemaslahatan bersama, mengingat daerah kita ini memiliki banyak potensi untuk sumber PAD,” kata Raya melalui sambungan telepon.

 

Politisi PAN itu menjelaskan, PAD salah satu instrument penting dalam pembiayaan pembangunan daerah. PAD yang sehat mencerminkan. kemandirian daerah dan dapat mengurangi ketergantungan daerah pada pemerintah pusat.

 

“Jika semua potensi sumber daya alam di wilayah ini sebagai sumber PAD dimaksimalkan, maka PAD kita akan bisa meningkat setiap tahunnya, dan itu akan menjadi modal bagi kita untuk meningkatkan kemajuan wilayah dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

 

Diwartakan sebelumnya, Bupati Gumas melalui Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gumas Edison menyampaikan, target PAD Gumas tahun 2024 sebesar Rp 78,221 miliar.

 

Edison mengaku optimis target sebesar itu dapat tercapai, mengingat pihaknya sudah menghitung semua potensi PAD, yakni dari pajak daerah dan retribusi daerah.

 

“Pendapatan asli daerah yang bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, merupakan instrumen penting dalam mendukung kegiatan pembangunan di wilayah ini, dalam mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang maju dan sejahtera,” kata Edison.(Nov/Lsn)

 

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait