Kontingen Barito Utara Ikuti 26 Cabang Lomba di FBIM Tahun 2024 di Palangka Raya

BERSAMA KONTINGEN BARITO UTARA-Pj Bupati Muhlis didampingi Pj Sekda, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalteng H Jimmy Carter, unsur FKPD, kepala perangkat daerah, ketua pembina karnag taruna Barito Utara Akhmad Gunadi, Ketua KONI Barito Utara foto bersama usai pelepasan kontingen Kabupten Barito Utara dalam rangka mengikuti FBIM tahun 2024 di Palangka Raya di halaman rumah jabatan bupati, Minggu (12/5/2024).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora Barut) Hj Annsa Cahyawati mengatakan kontingen Kabupaten Barito Utara dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2024 di Palangka Raya mengikuti 26 cabang lomba dalam kegiatan itu.

 

“Kontingen Kabupaten Barito Utara mengikuti 26 cabang lomba yang dipertandingkan pada Festival Budaya Isen Mulang tahun 2024 di Kota Palangka Raya,” kata Kadis Budparpora Hj Annisa Cahyawati, Minggu (12/5/2024).

 

Adapun ke 26 cabang lomba itu, yaitu karnaval budaya, perahu hias, jagau bawi nyai pariwisata, tari pedalaman, tari pesisir, sepak sawut, karungut putra dan putri, lagu daerah, jukung tradisional putra dan putri dan balogo putra dan putri.

 

Kemudian bagasing putra dan putri, manyipet putra dan putri, mangaruhi putra dan putri, besei kambe putra dan putri, manetek, maneweng dan manyila kayu, malamang, mengenta, panginan sukup simpan dan fotografi serta videografi.

 

Dikatakannya, peserta dalam mengikuti FBIM ini kontingen Barito Utara diikuti sebanyak 233 orang termasuk di dalamnya official dan pendamping sebanyak 35 orang, tim kesehatan dan paswal 2 orang.

 

“Para atlit olahraga tradisional, seniman dan seniwati peserta kontingen telah didaftarkan sebagai peserta BPJS guna mendapatkan perlindungan sosial ekonomi dan bersifat asuransi,” kata dia.

 

Lebih lanjut Hj Annisa untuk pelaksanaan kegiatan lomba dipusatkan di GOR Indoor Serbaguna Jalan Cilik Riwuk Palangka Raya. “Kecuali untuk olahraga dayung, besei kambe dan lomba perahu hias berpusat di bawah jembatan Kahayan, karnaval budaya di Jalan Yos Sudarso dan pemilihan putra putri Pariwisata di Swiss Bellhotel Danum Palangka Raya,” pungkasnya.(lna/Lsn)

 

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait