Kepala Pusat Pelatihan dan SDM Basarnas Bula Pelatihan Teknis Water Rescue di Muara Teweh

FOTO BERSAMA PESERTA-Kepala Pusat Pelatihan dan Sumber Daya Manusia Basarnas Anggit Mulyo Satoto, Staf ahli bupati, Hery Jhon Setiawan, Kepala Basarnas Palangka Raya Anak Agung Ketut Alit Supartana, unsur FKPD, dan para peserta foto bersama usai pembukaan pelatihan, di gedung Balai Antang, Kamis (2/5/2024).(Media Dayak/Lana)

Kepala Pusat Pelatihan dan Sumber Daya Manusia Basarnas Anggit Mulyo Satoto, SS, MM secara resmi membuka kegiatan pelatihan Teknis Tehnik Pencarian dan Pertolongan di Air (Water Rescue) bagi Potensi SAR yang ada di wilayah Kalteng, di Muara Teweh, Kamis (2/5/2024).  

Bacaan Lainnya

Kegoiatan pelatihan tersebut diprakarsai oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya (Basarnas Kalteng). Kegiatan pembukaan di laksanakan di Gedung Balai Antang Muara Teweh.

“Kami berharap kegiatan pelatihan ini dapat memperkuat sinergitas antara Basarnas dengan stakeholder sebelumnya kemuadian juga agar dapat memperkuat kompetensi Potensi SAR yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata Anggit Mulyo kepada awak media.

Sementara Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Hery Jhon Setiawan. “Pemkab Barito Utara sangat mengapresiasi serta mendukung berjalannya kegiatan tersebut. Diharapkan agar para peserta dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para instruktur atau pelatih,” kata Jhon Setiwan.

Kepala Kantor pencarian dan pertolongan Palangka Raya Anak Agung Ketut Alit Supartana, mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk mental dan sikap serta menyamakan persepsi pola pikir maupun pola tindakan ketika melaksanakan Operasi SAR.

“Kami berharap dengan adanya banyak potensi SAR yang berkompeten agar dapat mempersingkat respon time ketika terjadi suatu kecelakaan atau musibah di Wilayah Kalimantan Tengah,” kata dia.

Pelatihan diikuti peserta 50 orang ini akan diadakan hingga 6 hari kedepan tepatnya tanggal 2-7 Mei 2024. Setelah pembukaan dan pengenalan singkat tentang kegiatan pelatihan.

Peserta akan bergeser menuju bumi Perkemahan Panglima Batur Muara Teweh untuk melanjutkan materi pelatihan serta praktikal station.(lna/Lsn)

 

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait