Kades dan BPD Harus Bersinergi Bangun Desa

Ketua Komisi I DPRD Gumas H.Gumer. (Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun, Media Dayak

Bacaan Lainnya

Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) diminta untuk selalu bersinergi dan memahami apa yang menjadi tugas dan kewajiban. Hal ini disampaikan Ketua Komisi I DPRD Gumas H.Gumer, Rabu (15/5).

“Bersinergi itu penting agar pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa berjalan lancar demi kemajuan desa,”ujar Gumer melalui aplikasi pesan.

Mantan ketua DPRD Gumas asal PDIP itu menandaskan, apabila kades dan BPD akur, tidak berseberangan dalam membangun desa, memahami tugas pokok dan fungsinya, maka tidak ada permasalahan yang terjadi dalam membangun desa.

“Asas transparansi itu juga harus dijalankan dalam pembangunan di desa,terutama dalam hal anggaran pembangunan, karena anggaran pembangunan digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan desa,bukan untuk kepentingan pribadi dan kelompok,”tegas Gumer.

Dijelaskannya tugas kades adalah menyelengarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan di desa, melaksanakan pembinaan masyarakat desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Sedangkan BPD fungsinya menyepakati rancangan peraturan desa bersama kades,menampung dan menyalurkan aspirasi warga desa,dan melakukan pengawasan terhadap kinerja kades.

BPD merupakan lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa. (Nov/Aw)

image_print
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait